spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Akhir Masa Pemerintahan Jokowi yang sangat Berantakan

Pertama, Ekonomi mikro yang hancur lebur

Mrmang ditinjau dari sudut ekonomi makro, Indonesia ada pertumbuhan. Menurut Direktur Pusat Penelitian Kebijakan Ekonomi (PPKE) Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) Candra Fajri Ananda menyebutkan bahwa secara makro, kondisi ekonomi Indonesia masih lebih baik dibandingkan dengan negara lain (maksudnya yang mengalami kemerosotan, pen)

- Advertisement -

Tapi apa artinya ekonomi makro bertumbuh jika ekonomi mikro terpuruk ? Ekonomi mikro berkaitan langsung dengan hajat hidup rakyat, mulai dari geliat usaha yang lesu, daya beli masyarakat yang rendah, mencari kerja sulit, PHK massal di mana-mana, harga-harga barang melambung, sampai sulitnya mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau.

Kedua, Korupsi di era Jokowi meraja lela dan jor-joran

- Advertisement -

Sepertinya di era Jokowi korupsi sudah mendarah daging dan jadi budaya. Mulai dari pemimpin tertinggi sampai yang terendah terbiasa korupsi. Mulai dari keluarga Jokowi, keluarga Megawati, para pimpinan dan anggota lembaga tinggi negara, para Menteri kabinet, para anggota Dewan ‘yang tercela’ (tidak layak disebut terhormat), para Ketum Parpol (tidak semuanya), sampai kepada pegawai eselon bawah dan terbawah. Sepertinya semua instrumen hukum di Indonesia saat ini benar-benar mandul, tidak bisa menjerat para koruptor (besar) secara frontal, sistemik dan efektif-efisien. KPK, MK, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, MA, dan Kepolisian menjadi lahan korupsi yang massif.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini