spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Tsunami ‘Kebangkrutan’ di Indonesia tak Main-main, Ini Buktinya!

KNews.id- Satu per satu pusat perbelanjaan atau mal hingga toko ritel di dalamnya harus tutup hingga harus dijual murah di masa pandemi. Bnyak juga ritel yang harus gulung tikar karena terus diterpa pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun terakhir.

Nama-nama raksasa seperti Giant, Ramayana hingga Matahari yang harus tutup gerai menjadi bukti bahwa perusahaan besar pun bisa sangat terdampak. Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonsus Widjaja mengungkapkan bahwa banyak ritel yang angkat kaki dari mal, namun penggantinya tidak ada.

- Advertisement -

“Keluar masuk penyewaan pusat perbelanjaan itu hal biasa karena ada masa sewa berakhir, ada yang nggak melanjutkan jadi normal. Yang jadi masalah bedanya saat normal banyak pengganti jadi ada yang keluar, pengganti cepat, sekarang nggak ada penggantinya,” kata Alphonsus kepada CNBC Indonesia.

Ia bilang waktu normal, justru banyak ritel yang berani membayar mahal demi mendapatkan slot di pusat perbelanjaan. Kini, justru sebaliknya, ketika ada diskon sewa tenant pun para ritel berpikir berkali-kali sebelum membuka gerai lagi di mal.

- Advertisement -

“Yang jadi masalah ini penyewa menunda atau membatalkan usaha baru karena melihat perekonomian ke depan, ini yang membuat okupansi turun. Jadi ada kekosongan tapi nggak ada pengganti,” ungkap Alphonsus.

Upaya menutup tenant ternyata menjadi strategi bagi perusahaan untuk bertahan. Matahari Department Store (lppf) menjadi salah satu yang melakukannya. Teranyar, LPPF menutup gerai yang ada di Bogor. Direktur Independen LPPF Miranti Hadisusilo membenarkan kabar itu.

- Advertisement -

“Iya benar, penutupan gerai di Bogor masuk dalam rencana penutupan 13 gerai Matahari di tahun ini,” ujar Miranti, saat dikonfirmasi CNBC Indonesia.

Miranti mengatakan, penutupan empat gerai ini sejalan dengan rencana perseroan menutup 13 gerai di tahun ini.

“Tahun ini sudah ditutup 4 gerai. Iya benar, penutupan gerai di Bogor masuk dalam rencana penutupan 13 gerai Matahari di tahun ini,” sebutnya.

Selain Matahari, Seluruh gerai Giant resmi tutup per akhir Juli 2021 artinya tidak ada lagi gerai Giant yang beroperasi setelah 31 Juli 2021. Pihak manajemen, yakni PT Hero Supermarket Tbk (HERO) sudah mengumumkan sejak akhir Mei lalu.

Tidak ketinggalan, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. sempat menutup sementara sebanyak 13 gerai karena penurunan penjualan akibat pandemi Covid-19. Aksi ini dilakukan sejak akhir Maret 2020 lalu. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini