spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Terungkap! Ini Alasan Pangeran MbS Bikin Ngotot “Ka’bah Baru”

KNews.id- Arab Saudi akhir-akhir ini menjadi sorotan. Hal ini dikarenakan rencana negara monarki absolut itu untuk membangun sebuah bangunan kubus mirip Ka’bah di sekitar Riyadh. Bangunan itu dinamakan sebagai Mukaab. Mukaab nantinya akan menjadi ikon sebuah kota baru yang dibangun dekat dengan ibu kota Riyadh.

Kecaman soal Mukaab, dari pihak yang mencemoohnya terjadi karena bangunan tersebut dituding mirip dengan Ka’bah. Mukaab, berbentuk kubus setinggi 400 meter, lebar 400 meter, dan panjang 400 meter. Bedanya, jika Ka’bah merupakan simbol suci ibadah umat Muslim, Mukaab akan menjadi tujuan perhotelan premium. Termasuk atraksi, ritel, budaya dan wisata.

- Advertisement -

Menurut salah satu wartawan senior Saudi, Faisal J. Abbas, bentuk bangunan yang mirip Ka’bah bukan berarti bangunan itu membentuk replika tempat suci umat Islam itu. Ia bahkan mencontohkan bangunan Apple Store di New York, di mana bentuk kubus tak selalu diasosiasikan pada Ka’bah.

“Pertama-tama, Islam tidak memonopoli barang-barang berbentuk kubus. Nyatanya, saya cukup yakin pencipta Star Trek tidak benar-benar memikirkan Makkah ketika mereka merancang Borg Cube, demikian pula penemu Hungaria Erno Rubik ketika ia menciptakan teka-teki 3D terkenalnya,” paparĀ editor seniorĀ Arab NewsĀ itu, Selasa (28/2).

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini