spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

Ternyata Inilah Jenis Ekstrakurikuler dalam Kurikulum Merdeka, Adakah Pramuka?

 

KNews.id – Ternyata inilah jenis Ekstrakurikuler dalam Kurikulum Merdeka yang telah diresmikan Nadiem Makarim dalam Permendikbudristek Nomor 12 tahun 2024. Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 mengatur tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

- Advertisement -

Dalam lampiran III Permendikbudristek Nomor 12 tahun 2024 tersebut membahas tentang jenis Ekstrakurikuler.

Jenis Kegiatan Ekstrakurikuler sebagai berikut:

- Advertisement -

1. Krida

Krida memiliki pengertian tindakan atau perbuatan. Jenis Ekstrakurikuler Krida adalah seperti Kepramukaan, Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS), Palang Merah Remaja (PMR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dan lainnya;

- Advertisement -

2. Karya ilmiah

Ekstrakurikuler Karya Ilmiah misalnya adalah Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian, dan lainnya;

3. Latihan olah-bakat atau latihan olah-minat

Contohnya : pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, pecinta alam, jurnalistik, teater, teknologi informasi dan komunikasi, hingga rekayasa.

4. Keagamaan

Contohnya adalah pesantren kilat, ceramah keagamaan, baca tulis Al-Quran, Retret

5. Bentuk kegiatan lainnya.

Sementara itu, dalam formatnya sendiri Ekstrakurikuler tersebut dapat bersifat Individual, Kelompok, Klasikal, Gabungan, dan juga Lapangan. Dalam pelaksanaan dan pengembangannya, ekestrakurikuler tersebut salah satunya Bersifat pilihan yang sesuai dengan minat dan diikuti oleh Peserta Didik secara sukarela.

(Zs/KP)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini