spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Ternyata Ini Perbedaan Rompi Tahanan Pink, Merah, dan Oranye yang Dipakai Harvey Moeis dan Ferdy Sambo

 

KNews.id – Perbedaan rompi tahanan pink, merah, dan oranye yang Dipakai Harvey Moeis dan Ferdy Sambo menarik untuk dibahas. Pasalnya, perbedaan rompi tahanan yang dipakai Harvey Moeis suami Sandra Dewi menjadi perbincangan netizen lantaran berwarna pink, berbeda dengan rompi tahanan Ferdy Sambo yang berwarna oranye.

- Advertisement -
Berikut ini penjelasan lengkap mengenai perbedaan rompi tahanan pink, merah, dan oranye yang dipakai Harvey Moeis dan Ferdy Sambo.

Aturan mengenai pemakaian rompi tahanan tertuang dalam pasal 10 poin a,b,c,,d. Pasal tersebut menjelaskan bahwa tahanan jenis pidana khusus korupsi memakai warna pink alias merah muda.

Sementara rompi tahanan berwarna merah untuk tahanan pidana umum. Sedangkan rompi berwarna oranye dikenakan terdakwa agar memudahkan sipir penjara mengenali tahanan.

Hal tersebut juga berkaitan dengan instansi yang menahan tersangka.

- Advertisement -

Misalnya dalam kasus korupsi Harvey Moeis dan Helena Lim memakai rompi berwarna pink karena kasusnya ditangani oleh satuan kerja bidang tindak pidana khusus yang masih berada dalam naungan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Sedangkan Rompi merah untuk kasus yang ditangani oleh satuan kerja bidang tindak pidana umum Kejagung, sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor PER-005/A/JA/03/2013 tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengawalan dan Pengamanan Tahanan.

- Advertisement -

Sementara rompi oranye menandakan tersangka merupakan tahanan Kepolisian Republik Indonesia atau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baju tahanan berwarna oranye pernah dikenakan Ferdy Sambo salah satu tersangka pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat sebelum kasusnya ditangani oleh Bareskrim yang berada dalam naungan Kapolri. Demikian penjelasan perbedaan warna rompi tahanan pink, merah dan oranye.

(Zs/Ok)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini