spot_img
Sabtu, Februari 24, 2024
spot_img

Muncul Salam 4 Jari di Akhir Film Dirty Vote, Kerjasama Kubu 01 dan 03? Ini Kata Dandhy Laksono!

KNews.id –  Film dokumenter Dirty Vote menuai sorotan gegara membeberkan kecurangan dalam Pemilu 2024. Terkuak muncul salam empat jari dalam film tersebut, benarkah? Film dokumenter Dirty Vote sudah tayang pada Minggu, 11 Februari 2024 lewat platform Youtube dan menuai ragam respons.

Pasalnya kemunculan film Dirty Vote ini saat masa tenang Kampanye Pemilihan Umum 2024. Pada Dirty Vote, 3 ahli hukum tata negara Zainal Arifin Mochtar, Bivitri Susanti dan Feri Amsar dari kalangan akademisi.

- Advertisement -

Film yang disutradarai Dandhy Laksono ini mengungkap sejumlah fakta-fakta janggal yang mengarah pada kecurangan dari mulai perangkat desa hingga pejabat elite. Berbagai respons pun muncul, mulai dari pro maupun kontra terkait film yang muncul tersebut.

Namun ada satu hal yang mencuri perhatian netizen yakni di akhir film memperlihatkan jajaran tim di belakang film. Salah satunya bagian collborators yakni bertuliskan Lokataru, Perludem, Salam 4 Jari, Satya Bumi, Siej, Themis Indonesia.

- Advertisement -

Sebagai informasi, salam 4 jari mencuat di media sosial dimana narasi di dalamya mengajak masyarakat memilih hanya dua pasangan calon presiden dan wakil presiden. Tak cuma itu, salam 4 jari ini juga menggelorakan Pemilihan Presiden agar dilaksanakan dua putaran.

Beberapa netizen lantas menuai sorotan pada collaborators salam 4 jari di dalam film Dirty Vote.

“Lupa nge crop salam 4 jari keknya,” kata @salam.

“Panik banget ya hrus kerja sama gitu, 02 masa tenang, 01&03 masa panik,” kata Quotesday2424.

“Buat yg gk tau 4 jari itu, kolaborasi pencetus 1 tambah 3, artinya 2 buzzer bhinthang itu kolebb buat film ini,” kata @VyzoJawa.

“Wah kerja kelompok ternyata 3+1 hasilnya 4,” kata FendiTayoo.

Pihak Dandhy Laksono sendiri mengatakan bahwa Dirty Vote tak mengambil untung alias dimonetisasi. Ia juga mengaku tak ada proposal spesifik dibuat untuk film Dirty Vote tersebut ke siapapun.

“Sexy Killers dan semua film-film itu enggak dimonetisasi. Dan enggak ada proposal yang dibikin spesifik untuk film itu. Saya melakukan banyak film berdasarkan proposal yang kami tulis, tapi semua film ini tidak ada jejak proposalnya ke siapa pun. Semua gotong royong, kolekan, potluck, kami respons cepat pada situasi.” katanya.

Itu tadi muncul collaborators Salam 4 Jari di film Dirty Vote, gimana menurutmu? (Zs/Klt)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini