spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Tak Hanya Transmart, Ini Deretan Bisnis Lain Milik CT

KNews.id-Baru-baru ini sosok Chairul Tanjung kembali menjadi sorotan warganet di media sosial. Hal itu karena sejumlah gerai retail Transmart miliknya tutup permanen di berbagai tempat. Seperti apa sebentulnya jejak karir Chairul Tanjung? Apa saja bisnis lain yang diimilikinya?

Profil Chairul Tanjung
Chairul Tanjung (CT) seorang pebisnis yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Forbes pernah mencatat total kekayaannya mencapai US$ 8,5 miliar pada 2022. Pria yang dijuluki ‘Anak Singkong’ ini lahir di Gang Sepur, Kemayoran, Jakarta pada 18 Juni 1962.

- Advertisement -

Ayah CT, Abdul Ghafar merupakan seorang wartawan dari Sibolga, Sumatera Utara di masa kepemimpinan Presiden Soekarno. Sementara ibunya Halimah, merupakan ibu rumah tangga yang berasal dari Cibadak, Jawa Barat. CT memiliki lima saudara, yakni Chairal Tanjung, Chairil Tanjung, Selvi Tanjung, Lukman Hakim Tanjung, dan Oki Hertian Tanjung.

Abdul Ghafar sempat menerbitkan surat kabar namun dipaksa tutup saat masa itu. Dengan kondisi ekonomi mencekik, kedua orang tua CT harus menjual rumah dan pindah ke kamar losmen yang sempit. Meski begitu, pendidikan anak-anak mereka tetap menjadi prioritas.

- Advertisement -

CT belajar di bangku sekolah SD dan SMP Van Lith, Jakarta. Kemudian, melanjutkan ke SMA Negeri 1 Boedi Oetomo dan dinyatakan lulus pada 1981. Setelah menamatkan bangku sekolah menengah atas, dia berkuliah di Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Indonesia. Demi memenuhi kebutuhan dan biaya perkuliahan, CT pernah berjualan buku, bisnis fotokopi, hingga menjajakan kaos.

CT juga mencoba peruntungan dengan membangun usaha jasa penyewaan peralatan laboratorium dan kedokteran di sekitar Pasar Senen. Namun, bisnisnya tersebut bangkrut. Meski berulang kali gagal dan berbeda dengan bidang ilmu yang dimiliki dari perguruan tinggi, Chairul merasa bangga bisa meniti karier di dunia wirausaha.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini