spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Selain Mata Wortel Bisa Mengendalikan Kadar Gula Darah

 

KNews.id – Wortel adalah salah satu sayuran yang cukup popular. Wortel adalah salah satu jenis sayuran umbi yang mengandung berbagai nutrisi mulai dari serat, vitamin, hingga mineral.

- Advertisement -

Karena kaya akan nutrisi, manfaat wortel untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, wortel telah dikenal sebagai makanan yang dapat menunjang kesehatan mata secara menyeluruh. Selama ini wortel bisa digunakan untuk berbagai olahan hidangan.

Mulai dari minuman, kue, salad, tumisan, dan masih banyak lagi. Sayuran berwarna oranye ini juga merupakan makanan sehat karena kandungan nutrisinya yang beragam. Bahkan, rutin mengonsumsi bisa membuat kondisi kesehatan menjadi lebih optimal.

- Advertisement -

Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, wortel segar seberat 100 gram mengandung berbagai zat gizi berikut ini.

Energi: 36 kalori., Air: 89,9 gram., Karbohidrat: 7,9 gram., Protein: 1 gram., Serat: 1 gram , Lemak: 0,6 gram, Kalium: 245 miligram, Fosfor: 74 miligram, Natrium: 70 miligram, Kalsium: 45 miligram., Vitamin C: 18 miligram, Zat besi: 1 miligram, Niasin: 1 miligram. Seng: 0,3 miligram, Tembaga: 0,06 miligram, Tiamin (vitamin B1): 0,04 miligram, Riboflavin (vitamin B2): 0,04 miligram., Beta karoten: 3,784 mikrogram.

- Advertisement -

Dari kandungan nutrisi itu, terdapat berbagai manfaat wortel untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan, antara lain:

  1. Menjaga Kesehatan Mata 

Sayuran ini juga sangat baik untuk kesehatan mata. Lalu, kenapa wortel baik untuk kesehatan mata? Hal ini karena adanya kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin dalam wortel.  Selain itu, wortel juga mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan mata.

Beta karoten akan menjadi vitamin A setelah melalui proses dalam tubuh. Hasilnya, kebutuhan vitamin A dalam tubuh akan terpenuhi dengan baik. Bukan hanya untuk orang dewasa, manfaat ini juga bisa berdampak untuk anak-anak.

  1. Pencernaan Lebih Sehat 

Kandungan air dan serat dalam wortel sangat tinggi. Jika mengonsumsinya secara rutin, kedua kandungan tersebut mampu membantu kamu menjaga kesehatan pencernaan menjadi lebih sehat.

Kondisi pencernaan yang sehat membuat kamu akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti konstipasi atau sembelit. Bahkan, wortel juga mampu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam tubuh.

  1. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin, folat, dan antioksidan dalam wortel bisa membantu menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh. Dengan begitu, imunitas lebih kuat dalam melawan virus penyebab penyakit.

  1. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki nilai indeks glikemik rendah. Artinya, konsumsi wortel tidak memicu lonjakan kadar glukosa atau gula darah di dalam tubuh secara drastis sehingga aman dikonsumsi oleh orang sehat maupun penderita diabetes.

Selain itu, karena mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, wortel juga mampu meminimalkan risiko terjadinya resistensi hormon insulin yang berperan dalam perkembangan penyakit diabetes.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Terlalu banyak paparan radikal bebas pada tubuh dapat memicu kerusakan sel dan jaringan. Hal ini membuat kamu lebih berisiko mengidap penyakit kanker.

Antioksidan dalam wortel membuat tubuh terlindungi dari paparan radikal bebas. Bukan hanya beta karoten, lutein dan zeaxanthin juga menjadi kandungan yang baik untuk menurunkan risiko kanker.

Menurut sebuah studi dalam jurnal Food and Nutrition Sciences, karotenoid mampu menetralkan efek radikal bebas. Senyawa ini terbukti memiliki aktivitas penghambatan mutagenesis yang berkontribusi terhadap penurunan risiko beberapa jenis kanker.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung 

Wortel mengandung banyak antioksidan dan kalium di dalamnya. Kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung tetap optimal. Ketika kesehatan jantung terjaga, tentunya kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang memicu penyakit jantung.

7. Optimalkan Kesehatan Otak

Berbagai kandungan antioksidan dalam wortel berfungsi untuk melindungi tubuh, termasuk otak dari berbagai paparan radikal bebas. Paparan radikal bebas terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada sel otak dan saraf.

Ketika antioksidan terpenuhi, sel otak akan terlindungi sehingga kesehatannya semakin optimal. Bahkan, Anda akan terhindar dari penurunan fungsi otak ke depannya.

  1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Kandungan serat dan air di dalamnya baik untuk membantu mengontrol berat badan. Kedua kandungan tersebut membuatmu merasakan kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda akan lebih bijak saat mengonsumsi makanan setiap harinya. Alhasil, berat badan akan lebih mudah untuk dikontrol.

  1. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Rongga Mulut

Mengonsumsi sayuran berserat tinggi, seperti wortel ternyata juga dapat membantu menguatkan otot gusi sekaligus membersihkan dan menjaga kesehatan rongga mulut. Pasalnya, mengunyah sayuran berserat tinggi dapat merangsang kelenjar air ludah untuk memproduksi air liur lebih banyak.

Dengan begitu, air liur dapat membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga bisa mencegah interaksi antara bakteri di dalam mulut dengan sisa-sisa makanan yang dapat menghasilkan senyawa asam.

Terbentuknya senyawa asam inilah yang kerap menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, asupan antioksidan, seperti beta karoten pada wortel, membuat kesehatan gigi semakin meningkat. Hal ini akan berkaitan dengan kesehatan gigi pada saat Anda memasuki usia lanjut. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko kerusakan yang memicu kehilangan gigi (ompong).

10. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Bukan hanya untuk mata, wortel berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dan kalsium di dalamnya membuat kepadatan tulang menjadi lebih baik.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Wortel juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Hal ini membuat produksi kolagen pada kulit menjadi lebih optimal yang membuat kulit semakin sehat.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi wortel membantu kamu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan pada sayuran ini yang bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Wortel mengandung banyak vitamin A, C, karotenoid, dan antioksidan di dalamnya. Seluruh kandungan nutrisi tersebut mampu membantu untuk mengoptimalkan kesehatan rambut. Ketika rambut sehat, tentunya Anda akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada rambut, seperti kerontokan rambut.

Itulah berbagai manfaat wortel bagi kesehatan, yang perlu Anda ketahui. Meski bermanfaat, pastikan untuk mengonsumsi variasi makanan bergizi lainnya, agar asupan nutrisi Anda tercukupi.

(Zs/JP)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini