spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Sejarah Politik Dinasti, Antara Jokowi dan Gibran

Sejarah Politik Dinasti

Sejak era Mesir Kuno dan Tiongkok Kuno, politik dinasti adalah bagian dari sejarah kekuasaan peradaban besar sepanjang sejarah umat manusia. Tahun 3050 SM dipercaya sebagai tahun paling awal dinasti muncul di Mesir Kuno. Sementara dinasti paling tua di Tiongkok adalah Dinasti Xia yang berkuasa antara tahun 2070-1600 SM.

- Advertisement -

Tiongkok sendiri menjadi negara dengan kekuasaan politik dinasti yang panjang, sebelum akhirnya berubah menjadi negara sosialis-komunis seperti saat ini. Adapun dinasti paling tua yang masih berkuasa hingga saat ini adalah Imperial House of Japan atau Keluarga Kekaisaran Jepang yang telah berkuasa sejak tahun 660 SM. Kini kekuasaan dinasti ini dipegang oleh Kaisar Naruhito.

Politik dinasti itu sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan kekuasaan yang terjadi dalam satu lingkaran hubungan darah, keluarga atau kekerabatan yang umumnya terjadi secara turun temurun. Pada perjalanannya, hampir semua negara pernah mengalami dikuasai oleh dinasti politik. Mulai dari Eropa yang pernah mengalami masa-masa jaya monarki, hingga di Afrika dan Asia yang pernah dipimpin oleh tangan-tangan politik keluarga kuat.

- Advertisement -

Walaupun di beberapa negara yang masih menganut monarki – katakanlah macam di Inggris atau Thailand – telah terjadi pergeseran dengan hadirnya demokrasi untuk memilih kepala pemerintahan, namun politik dinasti dalam konteks pemimpin tertinggi negara masih tetap ada dan bercokol hingga hari ini di negara-negara tersebut.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini