spot_img
Jumat, Mei 10, 2024
spot_img

Sejak Diperkenalkan, Asuransi Unit Link sudah Bikin Dosa

Mengutip studi Titik Rianawati dan Sabtarini K. dalam “Mengenal Unit Link : Asuransi Dengan Fitur Investasi” (Jurnal Visi Manajemen, 2021), keberadaan ULIP di Indonesia terdeteksi pada tahun 1988. Hampir seluruh perusahaan asuransi menawarkan produk baru ini. Masyarakat pun merespons baik konsep ULIP karena dinilai lebih untung. Respons positif ini juga berjalan beriringan dengan tumbuhnya minat masyarakat terhadap pasar modal yang diaktifkan kembali oleh pemerintah pada 1977. Layaknya asuransi pada umumnya, nasabah hanya perlu membayar premi tiap bulannya. Premi itu dibagi dalam dua porsi: premi perlindungan dan premi investasi.

Menurut Soetanto Hadinoto dalam Bank Strategy on Funding and Liability (2013), pada awal peluncurannya unit link menggunakan jenis seperti goverment fixed-interest yang lebih menekankan tingkat keamanan dan pengembalian investasi yang tetap. Selain itu digunakan juga investasi managed fund yang berarti penyerahan kuasa pengaturan investasi oleh investor kepada manajer investasi guna memperoleh hasil investasi optimum.

- Advertisement -

Sekilas asuransi ini terlihat positif. Namun pada praktiknya muncul kegagalan sejak awal diperkenalkan. Mengutip buku Dosa-Dosa Unit Link (2022), konsumen kerap kali dibohongi perusahaan asuransi karena hanya memaparkan laporan perkembangan asuransi secara umum, sekaligus hanya memberi tahu biaya premi tiap bulannya.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini