spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

SBY Menerima Informasi bahwa MK akan segera Memutuskan Gugatan Sistem Pemilu!

SBY menjelaskan, dirinya tidak ingin menyampaikan pikirannya tentang mana yang paling tepat antara sistem proporsional tertutup versus sistem proporsional terbuka. Meski begitu, dirinya punya sejumlah pandangan dan pemikiran, namun bukan itu inti tulisan singkat saya ini.

“Saya hanya ingin mengingatkan bahwa perkara besar yang tengah ditangani oleh MK ini adalah isu fundamental, hakikatnya salah satu “fundamental consensus” dalam perjalanan kita sebagai bangsa. Apalagi, putusan MK bersifat final dan mengikat. Bagaimana jika putusan MK itu keliru? Tentu bukan sejarah seperti itu yang diinginkan oleh MK, maupun generasi bangsa saat ini,” kata SBY.

- Advertisement -

‘Mungkin ada yang bicara, “tidak ada yang tidak bisa diubah di negeri ini”. Konstitusi pun bisa saja diubah. Demikian juga sistem pemilu. Pendapat demikian tidaklah salah, dan saya pun amat mengerti,” jelas dia.

Lebih jauh, SBY mengatakan dirinya hanya ingin mengingatkan kepada masyarakat. Jika konstitusi, undang-undang dan juga sistem pemilu hendak diubah; mengapa dan bagaimana semua itu diubah.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini