spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

Satelit Telkom Meluncur Dibawa Roket Elon Musk, Menkominfo Titip Doa

KNews.id –  Telkom akan meluncurkan satelit baru minggu depan. Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi titip doa untuk kelancaran tersebut. “Tanggal 20 ya rencananya. Kita berdoa semoga dan berharap peluncuran satelit bisa berjalan baik,” kata Budi ditemui di rumah dinas Menkominfo, Jakarta.

Dia mengatakan dengan peluncuran tersebut bisa membuat pemerataan telekomunikasi di seluruh pelosok tanah air. Sebab cakupan bukan hanya terjadi di perkotaan saja.

- Advertisement -

“Bukan soal perkotaan aja, Jakarta. Tapi warga lain seluruh Indonesia diberi layanan yang adil, yang sama dengan di kota,” ungkapnya.

Satelit baru milik Telkom akan lepas landas dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat (AS). Satelit akan dibawa oleh roket Falcon 9 milik SpaceX, perusahaan miliarder Elon Musk.

- Advertisement -

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menjelaskan Telkomsat bekerja sama dengan SpaceX untuk memboyong satelit ke tempat beroperasinya nanti. Sementara itu perusahaan kendaraan antariksa Thales Alenia Space bertugas sebagai kontraktor utama dalam proyek tersebut.

Salah satu tugas Thales adalah mengenai desain. Begitu juga dengan konstruksi, pengujian, dan pengiriman ke lokasi peluncuran dilakukan oleh perusahaan berbasis Perancis tersebut.

- Advertisement -

Thales juga bertugas saat fase launch dan early orbit phase (LEOP), yakni saat satelit telah lepas dari Falcon 9 hingga mencapai slot orbit 113 derajat Bujur Timur.

Tugas lainnya adalah pengujian performa satelit saat di slot orbit dan dukungan pada sistem pengendalian satelit dari stasiun pengendali. Selain itu juga terkait pelatihan tim engineer Telkomsat agar siap mengoperasikan satelit.

“Dukungan lain seperti konsultasi teknis akan diberikan oleh TAS sepanjang masa pakai satelit,” kata dia.

(Zs/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini