spot_img
Jumat, April 12, 2024
spot_img

Real Count KPU: 7 Caleg Artis dengan Suara Tinggi Sementara

 

KNews.id – Sejumlah artis mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dalam Pemilu 2024. Beberapa dari mereka berhasil mendulang suara tinggi di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

- Advertisement -

Artis yang sukses mendapat suara tinggi berasal dari dapil ibu kota.
Beberapa di antaranya, presenter Uya Kuya, aktris Lula Kamal, hingga penyanyi Once Mekel. Ketiganya bersaing sebagai caleg dapil DKI Jakarta II.

Sedangkan, caleg artis lainnya yang juga memperoleh suara tinggi berada di dapil pulau Jawa. Sebut saja Primus Yustisio dan Tommy Kurniawan di Jawa Barat V, Nafa Urbach di Jawa Tengah VI, hingga Ahmad Dhani di Jawa Timur I.

- Advertisement -

Meski demikian, suara itu masih berpotensi bertambah mengingat persentase suara yang masuk dalam real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus bertambah secara berkala. Angka itu juga berpotensi berubah saat perhitungan manual.

Di sisi lain, terdapat kejanggalan Sirekap Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 lantaran ada perbedaan antara jumlah perolehan total suara partai dengan jumlah akumulasi suara yang didapatkan tiap-tiap caleg.

- Advertisement -

Hasil suara resmi yang akan ditetapkan oleh KPU adalah penghitungan suara manual yang dilakukan secara bertingkat dari kecamatan, kabupaten/kota, hingga ke nasional.

Vincent Masih Perjuangkan Anak Tetap Sekolah Usai Kasus Bullying
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja juga menegaskan bahwa Sirekap bukan penentu rekapitulasi. Penentu hasil Pemilu adalah penghitungan manual.

“Harus kami sampaikan bahwa Sirekap adalah bukan penentu terhadap rekapitulasi. Penentunya tetap menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (tentang Pemilihan Umum) adalah manual rekapitulasi. Jadi bukan Sirekap. Sirekap hanya alat bantu,” kata Bagja, Kamis (15/2).

Berikut daftar caleg artis dengan peroleh suara sementara tertinggi berdasarkan real count KPU per Senin (27/2) pukul 05.00 WIB.

1. Uya Kya (PAN – DKI Jakarta II)

Uya Kuya sejauh ini menjadi caleg artis yang mendulang suara terbanyak di dapil “neraka” DKI Jakarta II. Presenter ini berhasil mendulang suara sebanyak 43.537.
Bahkan, Uya Kuya menjadi caleg PAN dengan suara terbanyak di dapil ini mengalahkan caleg lainnya, termasuk aktris Lula Kamal.

2. Lula Kamal (PAN – DKI Jakarta II)

Lula Kamal juga menjadi salah satu artis yang bersaing di dapil “neraka” DKI Jakarta II. Dia sama-sama mencalonkan diri sebagai caleg dari PAN seperti Uya Kuya.
Ia berada di posisi kedua dengan perolehan 14.990 suara. Lula Kamal masih kalah suara dari Uya Kuya yang memimpin klasemen sementara.

Beberapa di antaranya, presenter Uya Kuya, aktris Lula Kamal, hingga penyanyi Once Mekel. Ketiganya bersaing sebagai caleg dapil DKI Jakarta II.

3. Once Mekel (PDIP – DKI Jakarta II)

Once Mekel kembali mencalonkan diri sebagai caleg PDIP di dapil DKI Jakarta II. Sementara ini, mantan vokalis band Dewa 19 itu mendulang 25.697 suara.
Dia bahkan unggul dari caleg PDIP lainnya, seperti Eriko Sotarduga dengan 20.251 suara dan Masinton Pasaribu dengan 20.222 suara.

4. Primus Yustisio (PAN – Jabar V)

Primus Yustisio mendapatkan perolehan suara sementara sebanyak 66.131. Aktor itu mencalonkan diri sebagai caleg PAN di dapil Jawa Barat V. Dia bahkan menempati posisi pertama mengalahkan caleg PAN lainnya. Dia unggul jauh dari Tutur Sutikno yang berada di posisi kedua dengan perolehan 9.784 suara.

5. Nafa Urbach (NasDem – Jateng VI)

Nafa Urbach menjadi caleg NasDem di Jateng VI. Penyanyi sekaligus bintang sinetron itu menempati posisi pertama di antara caleg NasDem lainnya dengan perolehan 48.712 suara.

6. Tommy Kurniawan (PKB – Jabar V)
Tommy Kurniawan mencalonkan diri di dapil Jawa Barat V. Aktor itu memimpin perolehan suara sementara dari PKB dengan 52.052 suara dan mengalahkan delapan caleg dari partainya sendiri.

Namun, Tommy Kurniawan masih kalah suara dari Primus Yustisio sebagai sesama artis yang yang mencalonkan diri di dapil yang sama.

7. Ahmad Dhani (Gerindra – Jatim I)

Ahmad Dhani yang menggunakan nama aslinya Dhani Ahmad Prasetyo maju sebagai caleg Partai Gerindra di dapil Jawa Timur I.

Suami dari Mulan Jameela ini memperoleh 59.145 suara. Dia berada di posisi kedua dari partainya, berada di belakang Bambang Haryo Soekartono yang mendulang 90.556 suara.
(Zs/Cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini