spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Ponsel Butet Kartaredjasa Dilumpuhkan, Yenny Wahid: Pelaku Bukan Orang Sembarangan

KNews.id – Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid, menyoroti dugaan peretasan yang membuat lumpuhnya akses komunikasi telepon seluler seniman Butet Kartaredjasa pasca pertunjukan bermuatan satire politik di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Satu dugaan yang berkembang, pelumpuhan akses komunikasi Butet itu disinyalir masih berkaitan dengan dugaan intimidasi saat Raja Monolog asal Yogyakarta itu akan menggelar pentasnya pada 1 Desember 2023.

- Advertisement -

“Kalau memang benar kejadian itu upaya yang disengaja, maka hal itu sangat berbahaya bagi kehidupan demokrasi,” kata Yenny Wahid di Yogyakarta, Ahad, 10 Desember 2023.

Sebagai seorang awam, putri mendiang Gus Dur itu melihat peretasan telepon seluler, di zaman kecanggihan teknologi yang butuh verifikasi akses serba ketat saat ini, bukan perkara gampang.

- Advertisement -

“Yang memiliki kemampuan hacking atau meretas seperti itu biasanya kan bukan sembarang orang,” kata Yenny.

Meski demikian, Yenny juga mengatakan pemutusan akses komunikasi seseorang di era yang serba terbuka saat ini tidak akan terlalu banyak berpengaruh. “Karena masih ada banyak cara untuk berkomunikasi. Kalau ponsel atau WA (Whatsapp) di-hack, toh masih ada media sosial,” kata dia.

- Advertisement -

Yenny menambahkan, karena sampai saat ini belum diketahui pelaku pembajak tersebut, ia menyarankan Butet melapor ke aparat hukum. “Di situ nanti kita akan lihat, apakah aparat akan akomodatif dan menindaklanjuti itu atau tidak,” ujar Yenny.

Pelaporan ke aparat penegak hukum itu, kata Yenny, juga akan membuat terang benderang persoalan yang terjadi. Sehingga tidak menimbulkan kecurigaan yang tak perlu. “Karena mungkin saat ini ada orang akan mengkait-kaitkan kejadian yang dialami Pak Butet itu.”  (Zs/Tmp)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini