spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Pesan Mendalam Tom Lembong ke Pendukung Anies: Putaran Kedua Terbuka Lebar

KNews.id – Wakil Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Thomas Lembong, tetap percaya diri pasangan AMIN bakal melenggang ke putaran kedua Pilpres.

“Kemungkinan terjadinya putaran kedua masih terbuka lebar, setelah tabulasi volume pelanggaran, penyimpangan, melampaui margin kemenangan yang diklaim kubu tertentu,” kata Tom Lembong, lewat video yang diunggahnya lewat akun Instagram.

- Advertisement -

Mantan Menteri Perdagangan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu mengajak para pendukung Amin tetap optimistis dan terus mengawal jalannya penghitungan suara. Dia juga mengajak masyarakat mendokumentasikan temuan pelanggaran, serta melaporkan ke tim hukum Timnas Amin.

Hal ini dilakukan demi perbaikan Pemilu dan penguatan demokrasi.  “Setiap suara itu penting, setiap suara itu harus dikawal dan harus dijemput,” pungkas Tom.

- Advertisement -

Tom Lembong menyebut bahwa perolehan suara calon nomor urut 1 itu akan dikawal dari sistem internal yang sudah disiapkan. Ia menjelaskan, timnya memiliki sistem sendiri untuk mengawal suara AMIN dari tingkat daerah hingga nasional, sehingga akan berfokus untuk memantau pergerakan perolehan suara dari data yang ada di sistem.

“Jadi bukan hanya quick count yang dilakukan lembaga survei, tetapi kami juga punya sistem sendiri yaitu aplikasi atau situs kawalamin.com dan kami juga punya command center, dan data dari relawan,” kata Thomas Lembong.

- Advertisement -

Lebih lanjut, dia menjelaskan, proses penghitungan suara akan terus dikawal bersama jaringan relawan yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga data internal juga akan menjadi acuan untuk timnas. Meski begitu, dia mengatakan, Timnas AMIN tetap akan menunggu hasil pengumuman yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) nanti.

Ia mengaku, masih menunggu arahan lebih lanjut dari kapten timnas dan paslon AMIN, guna memilih tempat untuk memantau proses penghitungan suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya masih menunggu arahan,” ujar pria yang kerap disapa Tom Lembong itu.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3. Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

(Zs/Tv.1)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini