spot_img
Rabu, April 17, 2024
spot_img

Perintah Jokowi ke Menteri Basuki, Sulap Gedung Pers Pancasila

KNews.id – Pemerintah akan turut membantu dalam pembangunan Gedung Graha Pers Pancasila di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini ditegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat hari Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara.

“Sebelum lupa yang pertama ingin menjawab keluhan pak Hendri (Ketua PWI) tadi mengenai Gedung Pers Pancasila yang ada di kota Yogyakarta,” kata Jokowi.

- Advertisement -

Jokowi mengatakan sudah memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk ikut membangun gedung pers itu.

“Paling lambat minggu depan sudah bisa dicek di lapangan, semuanya ditanggung Kementerian PU, saya belum tahu habisnya berapa dan akan segera dibangun,” sambung Jokowi.

- Advertisement -

Seperti yang diketahui, Kantor Persatuan Wartawan Indonesia di Yogyakarta direncanakan bakal dirombak total. Bangunan itu akan dirobohkan untuk pembangunan Gedung Graha Pers Pancasila.

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun mengungkapkan ada persoalan pendanaan untuk pembangunan Graha Pers Pancasila. Bahkan PWI sudah berkonsultasi dengan pemerintah daerah dalam hal pembangunan ini.

- Advertisement -

“Kami harap pemerintah pusat bantu kami karena kami konsultasi dengan Pemda DIY tidak ada anggaran. Untuk pindah kantor saja kami kerepotan ini, minta tolong bapak presiden kepada Menteri PUPR untuk membangun. Mudah-mudahan terlaksana,” jelasnya.

Hendry menjelaskan alasan PWI bersikeras membangun Graha Pers Pancasila dan pusat penelitian dan pelatihan jurnalis, merupakan sebagai bagian dari titah PWI dalam kongres tahun 1946. Ketika itu banyak kantor media di serbu tentara NICA justru menghasilkan keputusan dalam kongres.

“Keputusan nomor 1 wartawan wajib menjaga kedaulatan bangsa,” terangnya.  (Zs/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini