spot_img
Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Peneliti Hingga Ekonom Dunia Mencatat Keberhasilan SBY

Penulis sepakat dengan argument Roubini melihat saat ini China sedang overheating dengan pertumbuhan double digit yang tingkat inflasinya tinggi (10.5% untuk sektor makanan). Over-relying on export yang sangat berbahaya bagi China dalam kondisi global yang kurang bersahabat saat ini dan terperangkapnya China dalam kondisi overinvestment-fixed investment share of GDP bertambah mencapai 50% di tahun 2010 hingga 2011- menyebabkan perlambatan ekonomi China.

Optimisme di atas juga diperkuat oleh penelitian Keuangan AS, McKinsey Company yang mengatakan bahwa Ekonomi Indonesia akan berada di 7 (tujuh) besar global di tahun 2030, dan menurut Amitav Archarya “Why Indonesian Matters?” (2014) kala itu ekonomi Indonesia telah bertengger di posisi 10 (sepuluh) besar Global.

- Advertisement -

Sejak reformasi ekonomi Indonesia perlahan – lahan konsisten maju, bahkan selama periode 2000 – 2010 pertumbuhan ekonomi Indonesia telah melampaui semua negara berkembang kecuali Cina dan India, dan berada didepan negara – negara berkembang BRICS lainnya, seperti; Brasil, Rusia, dan Afrika Selatan.

Hal ini dapat dikatakan bahwa strategi kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berkarakter dan taat  pada politik global pejuang kemerdekaan yang dikenal sebagai “Kebijakan Luar Negri : Independent dan Aktip – Berkesinambungan dan Perubahan.” Hal tersebut merujuk pada tulisan Muhammad Hatta (Mandiri dan Aktif 1953) mengatakan;

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini