spot_img
Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Operasi Patuh Jaya Mulai Besok, Ini 14 Pelanggaran yang Jadi Incaran

KNews.id – Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Patuh Jaya selama dua pekan. Operasi Patuh Jaya digelar mulai besok. Ini 14 pelanggaran yang menjadi incaran.
Dikutip dari Twitter resmi TMC Polda Metro Jaya, Operasi Patuh Jaya 2023 digelar mulai besok, Senin (10/7/2023). Operasi Patuh Jaya berlangsung selama 14 hari sampai dengan 23 Juli 2023.

Setidaknya ada 14 pelanggaran yang menjadi target Operasi Patuh Jaya 2023. Berikut pelanggaran yang jadi incaran:

- Advertisement -

1.  Melawan arus
2.  Berkendara di bawah pengaruh alkohol
3.  Menggunakan HP saat mengemudi
4.  Tidak menggunakan helm SNI
5.  Mengemudi kendaraan tidak menggunakan sabuk
6.  Melebihi batas kecepatan
7.  Berkendara di bawah umur, tidak memiliki SIM
8.  Sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang
9.  Kendaraan bermotor roda empat atau lebih tidak memenuhi persyaratan layak jalan
10. Kendaraan roda dua dan roda empat yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang standar
11. Kendaraan bermotor roda dua dan roda empat yang tidak dilengkapi dengna STNK
12. Pengemudi kendaraan bermotor yang melanggar marka/bahu jalan
13. Kendaraan bermotor yang memasang rotator dan/atau sirine yang bukan peruntukannya
14. Penertiban kendaraan roda empat yang memakai pelat nomor RFS/RFP

Operasi Patuh 2023 juga digelar secara nasional di tanggal yang sama. Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, para personil melakukan latihan pra Operasi Patuh 2023.

- Advertisement -

“Latpraops salah satu fungsinya untuk mengetahui bagaimana cara bertindak antara Korlantas dan jajaran serta Operasi Patuh ini berguna bagi kita dan masyarakat. Operasi Patuh akan digelar pada tanggal 10 hingga 23 Juli mendatang,” kata Eddy dikutip dari NTMC Polri.

Dia melanjutkan ini menjadi operasi sebelum petugas menggelar operasi khusus yang diberi sandi Operasi Mantap Brata untuk pengamanan pemilu dan pilkada 2024 mendatang. Para personil di lapangan juga dihimbau tetap humanis dan berintegritas tanpa ada pungutan liar.
Lebih lanjut kepatuhan dan ketertiban di jalan tidak hanya melalui penegakan hukum tetapi bisa melalui pendidikan masyarakat, berupa teguran dan imbauan yang humanis.

- Advertisement -

“Kedua, sekecil apapun hindari kegiatan kontraproduktif. Ingat simpatik dan humanis, senyum dan salam meskipun ada penegakan hukum. Tema yang diangkat bukan hanya untuk masyarakat tapi juga untuk petugas. Saya percaya dengan operasi yang sudah ada seluruhnya berjalan dengan optimal, harapannya mendapat apresiasi dan pengungkit indeks kepercayaan masyarakat,” tambahnya.

“Apabila masyarakat baik dan tertib di jalan maka akan baik dan tertib di sendi sendi lain. Pimpinan tidak menghendaki pungli. Aturan yang sudah dibuat oleh Ditgakkum patuhi dan pedomani, jangan jadi korban operasi. Tunjukkan Korlantas menjadi ikon Polisi di jajaran. Munculkan penegakan hukum yang humanis. Jaga nama baik Korlantas. Mudah-mudahan Dengan Latpraops ini pelaksanaan Operasi Patuh berjalan dengan aman dan lancar,” pungkasnya. (Zs/Dtk.Oto)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini