spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Misteri Sriwijaya terkuak, Ini Penyebab Pilot tidak Sadar Arah!

Keterlambatan CTMS menonaktifkan autothrottle menyebabkan perbedaan tenaga mesin (kiri – kanan) yang semakin besar, sehingga pesawat berbelok ke kiri yang seharusnya ke kanan, yang membuat pesawat berada pada kondisi upset.

Meski perubahan yang terjadi di kokpit seperti thrust lever, indikator mesin, dan perubahan sikap pesawat yang tergambar dalam Electronic Attitude Direction Indicator tidak disadari pilot. Sehingga asumsi KNKT hal ini menyebabkan kepercayaan atau complacency terhadap sistem otomatisasi. Namun kondisi upset ini digambarkan oleh Nurcahyo tidak disadari oleh pilot. Dimana pilot berasumsi pesawat berbelok ke kanan sesuai yang diinginkan.

- Advertisement -

“Pada saat pesawat berbelok ke kanan dan kemudi miring ke kanan membuat pilot berasumsi pesawat berbelok ke kanan sesuai yang diinginkan. Kondisi itu merupakan confirmation bias,” jelas Nurcahyo dalam Media Rilis, di Kantor KNKT, Kamis (10/11).

Namun saat kemudi miring ke kanan, pesawat berubah menjadi miring dan berbelok ke kiri, yang disusul dengan peringatan kemiringan yang berlebih atau (bank angle warning). Sementara karena kurangnya monitoring pilot pada instrumen dan arah kemudi sesudah ke kanan memberikan asumsi pesawat miring ke kanan sehingga tindakan pemulihan tidak sesuai.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini