spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Misteri Sriwijaya terkuak, Ini Penyebab Pilot tidak Sadar Arah!

KNews.id- Hampir dua tahun misteri penyebab kecelakaan yang pesawat Sriwijaya Air SJ182 di Perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, akhirnya kini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis laporan investigasi akhir ke publik.

KNKT memberikan enam kesimpulan yang berkontribusi pada kecelakaan, namun yang paling utama adalah kerusakan pada sistem mekanikal autothrottle hingga contemplacy atau kepercayaan yang terlalu tinggi pada sistem otomatisasi dan confirmation bias. Sehingga pilot tidak sadar ketika pesawat berubah arah sebelum akhirnya pesawat jatuh.

- Advertisement -

Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo, menjelaskan autothrottle tidak dapat menggerakkan thrust lever sebelah kanan, akibat adanya gaya gesek (kesat) atau gangguan lain pada bagian mekanikal.

Menjelang ketinggian 11.000 kaku, permintaan tenaga semakin berkurang, yang mengakibatkan thrust lever semakin mundur. Namun terjadi keterlambatan meski pesawat Boeing 7370500 dilengkapi dengan sistem Cruise Thrust Split Monitor (CTMS) yang berfungsi mematikan auto throttle jika terjadi asimetri .

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini