spot_img
Minggu, April 21, 2024
spot_img

Mereka Dukung Hak Angket DPR Usulan Ganjar, dari Surya Paloh hingga Anies Baswedan

 

KNews.id  – Ganjar Pranowo telah mengusulkan DPR menggunakan hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024. Usul itu mengemuka seiring pelbagai tudingan kecurangan usai hitung cepat hasil pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

- Advertisement -

Calon presiden Nomor urut 3 itu mengusulkan agar partai pendukungnya yaitu PDIP dan PPP yang ada di parlemen menggulirkan hak angket untuk menyelidiki kecurangan Pemilu 2024.

Usul itu mendapat dukungan dari berbagai pihak, meski ditolak oleh partai politik pengusung pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Berikut ini sejumlah politikus yang mendukung hak angket usulan Ganjar:

1. Surya Paloh

- Advertisement -

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan dia mendukung kubu koalisi Ganjar Pranowo. Dia mengatakan pengajuan hak angket itu adalah hak konstitusional yang wajib dihormati dan dihargai. Menurutnya, Ganjar sebagai kader PDIP mempunyai hak konstitusional untuk mengusulkan DPR menggunakan hak angket.

“Kalian tahu itu hak konstitusional. Saya pikir wajib. Bukan hanya sekadar mengiyakan, tapi wajib untuk menghormati, menghargai hak-hak konstitusional itu,” kata Surya di Jakarta, Jumat, 23 Februari 2024.

- Advertisement -

Menurut Surya, Koalisi Perubahan pun akan mendukung secara natural pengajuan hak angket itu. Sebab, dia menghormati langkah yang diambil Anies Baswedan sebagai calon presiden di Koalisi Perubahan, yang beberapa waktu lalu merespons positif usulan Ganjar tersebut.

Dia menilai sejauh ini Koalisi Perubahan dengan kubu PDIP memiliki hubungan yang tak berjarak. Untuk itu, dia menegaskan Koalisi Perubahan sepakat dengan ajakan PDIP untuk menggulirkan hak angket. “Barangkali tiga-tiganya (partai pengusung di Koalisi Perubahan) masih sayang sama PDIP,” katanya.

2. Anies Baswedan

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memastikan partai-partai pengusungnya dalam Koalisi Perubahan saat ini dalam kondisi solid dan sedang mengumpulkan data-data perihal kekurangan dalam penyelenggaraan Pilpres 2024.

Anies meminta publik tidak lagi berspekulasi terkait dengan isu perpecahan di antara partai pengusungnya, yaitu Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Koalisi ini solid sesolidnya, jadi tidak perlu ada spekulasi, kami jalan bersama-sama, membahas bersama-sama,” kata Anies di Jakarta, Jumat, 23 Februari. (Zs)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini