spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Menimbang Integrasi Dana Pensiun BUMN

Ada Beberapa Opsi

Oleh karena itu, terdapat beberapa opsi untuk dapat dipertimbangkan lebih lanjut. Opsi pertama, integrasi pengelolaan aset dan portofolio dana pensiun BUMN lebih baik diserahkan kepada salah satu bank BUMN.

- Advertisement -

Mengapa? Lantaran bank BUMN sudah banyak makan garam dalam mengelola aset dan portofolio dalam jumlah triliunan rupiah dan dalam waktu sangat panjang. Alasan itu masuk akal!

Keempat, opsi kedua, pengelolaan aset dan portofolio dana pensiun BUMN yang bukan bank BUMN dapat dipercayakan kepada salah satu dana pensiun bank BUMN yang dianggap mampu menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mengapa? Karena selama ini pengelola aset dan portofolio dana pensiun bank BUMN diambil dari pegawai bank BUMN yang telah memiliki kompetensi tinggi dalam mengelola investasi dan sarat pengalaman.

- Advertisement -

Kelima, ringkas tutur, pengelolaan aset dan portofolio dana pensiun bank BUMN sebaiknya tetap dikelola sendiri. Lho? Karena selama ini dana pensiun bank BUMN telah mampu mengelola aset dan portofolio dengan jempol.

Keenam, namun jangan lupa bahwa tidak ada “makan siang gratis” (no free lunch). Alhasil, dana pensiun yang tergabung dalam integrasi itu pasti akan dibebani sejumlah biaya pengelolaan aset dan portofolio setiap bulan. Dengan demikian, biaya itu akan menambah biaya operasional dana pensiun.

- Advertisement -

Ketujuh, opsi ketiga, sejatinya akan lebih strategis ketika OJK sebagai regulator sektor jasa keuangan termasuk dana pensiun menetapkan aturan tentang tata kelola aset dan portofolio kepada semua dana pensiun. Opsi itu akan lebih strategis dan ekonomis.

Lugasnya, aturan itu dapat mendorong semua dana pensiun untuk lebih mandiri dalam meningkatkan manajemen risiko dan khususnya dalam mengelola aset dan portofolio dana pensiun. Sungguh!kun

Nah, tatkala aneka faktor kunci keberhasilan demikian telah terpenuhi dengan saksama, amat diharapakn pengelolaan aset dan portofolio dana pensiun dapat berjalan lebih baik dan sehat. Buahnya, seluruh anggota dana pensiun bakal tersenyum lebar sebab memperoleh manfaat pensiun setiap bulan dengan lancar! (Ach/Ibn)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini