spot_img
Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Mantan Penyidik KPK Desak Seluruh Pimpinan KPK Dievaluasi Karena Singkirkan 57 Pegawai KPK

KNews.id – Menanggapi rencana Nawawi Pomolango yang akan mengucap sumpah jabatan sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara menggantikan Firli Bahuri.

Para mantan pegawai KPK yang tergabung dalam IM57 Institute memandang pergantian jabatan pucuk pimpinan KPK tidaklah cukup.dan mendesak evaluasi total terhadap seluruh pimpinan KPK yang sama, saat ini masih menjabat menyusul dipecatnya 57 pegawai KPK oleh pimpinan KPK yang diketuai Firl Bahuri

- Advertisement -

“Tidak cukup. Kami IM57 tetap konsisten bahwa seluruh pimpinan KPK harus dievaluasi,” kata Ketua IM57 Institute, Mochammad Praswad Nugraha kepada awak media.

Praswad mengingatkan semua pimpinan KPK di masa periode sekarang setuju penyingkiran pegawai KPK. Mereka yang tersingkir inilah yang membentuk IM57 Institute. “Mereka semua pelaku penyingkiran 57 pegawai KPK,” lanjut Praswad.

- Advertisement -

Praswad mensinyalir semua pimpinan KPK punya kualitas setara Firli Bahuri. Sehingga Praswad meragukan mereka dapat memberantas korupsi dengan integritas memadai.

“Kami tetap dalam posisi Nawawi dan komisioner yang lain kualitas integritasnya sama dengan Firli Bahuri, sampai dia bisa membuktikan sebaliknya,” ujar Praswad.

- Advertisement -

Atas dasar itu, Praswad mendorong KPK dikembalikan seperti keadaan sebelum revisi UU KPK pada 2019. Praswad meyakini kondisi itu ideal bagi kerja KPK dalam pemberantasan korupsi.

“Yang bisa dilakukan oleh Presiden di masa-masa terakhir jabatannya untuk menyelamatkan KPK adalah kembalikan KPK menjadi lembaga independen di luar eksekutif,” ujar Praswad.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara Nawawi Pomolango di Istana Negara, Jakarta. Nawawi menggantikan Firli Bahuri yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan.

Firli Bahuri bukan satu-satunya pemimpin di KPK periode saat ini yang tersangdung masalah hukum. Pada Juli 2022 lalu, komisioner Lili Pintauli Siregar juga punya permasalahan hukum yang berujung pada pengunduran dirinya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan memimipin upacara pelantikan termasuk pengucapan sumpah jabatan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara Nawawi Pomolango di Istana Negara, Jakarta. Nawawi menggantikan Firli Bahuri yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan.

“Besok pagi (hari ini), direncanakan ada agenda Pengucapan Sumpah/Janji Bapak Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara di hadapan Presiden,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Ahad.  (Zs/FN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini