spot_img
Jumat, Mei 10, 2024
spot_img

Makin Keruh, PDIP Siap ‘Perang Terbuka’ dengan Jokowi?

KNews.id – Sindiran hingga kritik terbuka akhirnya dilontarkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Komentar menohok ia tujukan kepada penguasa saat ini.
Meskipun tidak disebutkan siapa penguasa yang dimaksud, sindiran itu diyakini mengarah ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Berbicara dalam acara rapat koordinasi nasional (rakornas) di Hall B Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Senin (27/11/2023) malam, Megawati mencurahkan isi hatinya kepada organ relawan Ganjar-Mahfud se-Jawa yang hadir di sana. Megawati mengaku, saat ini dia merasa ada pihak yang tidak menghormatinya.
Padahal, secara sejarah, Megawati berkelakar, dirinya pernah menjadi panglima tertinggi di bangsa ini.
Dalam kesempatan tersebut, putri Proklamator Bung Karno ini menyentil sosok penguasa yang disebutnya seperti Orde Baru hingga soal kader yang tidak jelas bersikap.

Berikut poin-poin kritik terbuka Megawati kepada penguasa:

1. Minta Penguasa Insyaf
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyindir penguasa yang tidak mau mengikuti aturan pembatasan jabatan dua periode seperti semangat Reformasi 1998.
“Dulu, Reformasi itu apa sih? Kan mengubah, mengubah jabatan seorang pemimpin supaya ada batas waktu. Ya sudah, itu bagian dari amandemen dan itu bagian yang diputuskan. Ya sudah lah, aturan itu mbok diikuti, jangan dilanggar-langgar,” ujar Megawati.
Meski demikian, presiden ke-5 RI ini juga mengingatkan kepada para relawan dan kadernya agar juga tidak melanggar aturan pembatasan jabatan itu.
“Tapi kalian juga jangan melanggar, iya nanti giliran semprit [heboh], tapi kalian juga maling, aduh,” kata Megawati.
Dia pun meminta pihak yang disinggung agar sadar atas segala perbuatan. Megawati kode, pihak disindirnya merupakan ‘Bapak-bapak’. “Sudah berhenti deh bapak-bapak yang saya sindiri ini, insaf,” katanya
2. Banteng Tak Bakal Keok
Megawati Soekarnoputri menegaskan pihaknya tidak takut bersaing terutama di Pemilu 2024.
Megawati pun mengibaratkan jika pihaknya merupakan ‘Banteng’ yang tidak akan mudah kalah dan menyerah dalam situasi apapun.
“Saya tentu, nurani saya ya tergugah lho. Ini gimana sih? Maunya apa sih? Mari kalau mau bersaing, kalau mau bersaing kita,” kata Megawati. “Saya kalau di PDI Perjuangan itu anak-anak saya itu selalu bilang gini, ibu ini perempuan, tapi ibu ini petarung. Lho iya, kalau di PDI Perjuangan menyemangatinya gitu,” ucapnya.
“Terus saya bilang, kita ini lambangnya banteng. Mana ada banteng itu keok! Banteng itu kan kalau sudah nanduk ini,” sambung dia.
3. Banyak Kader PDIP Menangis
Megawati juga mengungkap banyak kader PDIP yang menangis saat datang kepadanya terkait kondisi politik yang akhir-akhir ini terjadi.  “Wah kemarin, banyak anak-anak saya (kader PDIP) dateng, baru ketemu saya nangis-nangis,” kata Megawati.
Menyikapi kondisi tersebut, Megawati meminta kepada para kadernya untuk tidak perlu menangis.
Kata dia, kondisi tersebut wajar terlebih pada masa pemilu seperti saat ini.
“Saya bilang ngapain sih nangis enggak perlu, ya tapi itu dedikasi. Kalau memang begitu, sudah ini kan zamannya pemilu. Sebetulnya pemilih untuk apa? Pilih seseorang kan,” ujarnya.
Terhadap hal tersebut, Megawati lantas mengingatkan kepada seluruh organ relawan yang hadir untuk senantiasa mengedepankan asas demokrasi. Kata dia, hanya pemilu yang dilakukan secara demokratis yang dapat melahirkan bangsa yang berdaulat.
4. Megawati merasa tak lagi dihormati
Megawati juga menyoroti pengorbanan dalam sejarah Republik Indonesia.
“Republik ini penuh dengan pengorbanan, tahu tidak? Kenapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti zaman Orde Baru?,” kritik Megawati terhadap penguasa saat ini.
Megawati juga menyatakan ketidakpuasannya karena merasa tidak lagi dihormati sebagai Presiden RI kelima dan Ketua Umum PDIP.  “Bayangkan, kok saya tidak seperti dihormati ya. Lho, kenapa? Lho saya jelek-jelek pernah presiden lho, dan masih diakui dengan nama Presiden ke-5 Republik Indonesia lho,” tegasnya.
Dalam konteks politik, Megawati menyatakan kesiapannya untuk bersaing secara jujur dan sehat pada Pemilu 2024. “Kalau mau bersaing ya ayio, Biar Ibu ini perempuan, tapi Ibu petarung,” ucapnya dengan penuh semangat.
Megawati juga mengajak relawan Ganjar-Mahfud untuk bersatu melawan ketidakadilan pada Pilpres 2024. Dengan semangat perjuangan, ia berharap dapat memenangkan Ganjar-Mahfud dalam satu putaran.
“Berani tidak? Berani tidak? Merdeka, merdeka, merdeka! Menang kita, Ganjar-Mahfud, satu putaran,” ajak Megawati, mengajak untuk bersama-sama melawan ketidakadilan dan mendukung kandidat yang diusung oleh partainya.
5. Sebut penguasa bertindak seperti di era Orde Baru
Tanpa menyebut siapa yang ia maksud, Megawati menyinggung sosok penguasa yang hendak bertindak seperti di era Orde Baru.  “Mengapa sekarang kalian yang baru berkuasa, sekarang mau bertindak seperti waktu zaman Orde Baru?” ucap Mega disambut riuh teriakan relawan.
Menurut Megawati, negara Indonesia dibangun dengan penuh perjuangan dan pengorbanan.
Namun, kini justru diciderai dengan penguasa yang hendak bertindak dengan cara Orde Baru.
“Kenapa? Karena Republik ini penuh dengan pengorbanan. Tahu tidak?” ucapnya  (Zs/Ops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini