spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Mahfud MD Ditantang Bubarkan Manguni Makasiouw Bak FPI Imbas Kerusuhan di Bitung, Netizen: Harus Adil!

KNews.id – Kerusuhan yang terjadi di Bitung, Sulawesi Selatan pada Sabtu, 25 November 2023 antara ormas adat Manguni Makasiouw dengan massa pro Palestina masih terus diperhatikan.
Lantaran berkat kerusuhan ini banyak sejumlah pihak yang menyentil Menkopolhukam Mahfud MD untuk membubarkan organisasi masyarakat Minahasa itu.
Bahkan organisasi seperti Front Pembela Islam (FPI) juga dijadikan contoh agar Mahfud MD mau membubarkan Manguni Makasiouw. Hal itu diungkap oleh salah satu netizen melalui akun media sosialnya terkait dengan kerusuhan tersebut yang ternyata mendapat dukungan kuat dari lainnya.
“Apakah Mahfud berani membubarkan Manguni seperti membubarkan FPI? Harus adil.,” tulisnya, dikutip Kilat.com dari Twitter @BuniYani.
Tidak berhenti di situ, warganet lainnya juga menyinggung status Mahfud MD yang kini menjadi seorang cawapres.
“Betul. Cawapres MMD gembar gembor bahwa selama ia jabat Menko Polhukam penegakan hukum hasilnya tertinggi. Pertanyaan, berani tidak bubarkan Ormas Manguni. Jangan sampai cuma (maaf) omdo.,” komen warganet.
“Mahfud membubarkan FPI dalam rangka cari muka ke Jokowi. Sedangkankan gerombolan Manguni itu pendukung fanatik Jokowi. So, Mahfud tak kan berani sentuh Manguni, meskipun manguni lebih jahat dari sirael.,” tulis lainnya.
Usut punya usut, pembubaran ormas bukanlah hal yang baru terjadi dalam rezim pemerintahan Presiden Jokowi. Misalnya saja FPI yang dibubarkan pada 30 Desember 2020 melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Larangan Kegiatan, Penggunaan Simbol dan Atribut, serta Penghentian Kegiatan Front Pembela Islam.
Salah satu penyebab FPI dibubarkan waktu itu karena dinilai kerap melakukan tindakan anarkis, kekerasan dan pelanggaran hukum. Karena alasan inilah banyak pihak yang menginginkan Manguni Makasiouw untuk segera dibubarkan.
Melansir dari Twitter @AlwiHusin, terdapat sebuah video yang menunjukkan aksi anarkis ormas di Bitung tersebut. “Aksi Bela Palestina di Bitung dihadang Ormas Adat Pasukan Manguni Makasiouw.,” terang akun itu.  (Zs/Ops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini