spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Labu Siam Punya 12 Manfaat untuk Kesehatan

 

KNews.id – Labu siam atau sechium edule merupakan tanaman berwarna hijau yang bentuknya menyeruapai buah pir. Tanaman ini sering dijadikan sayur lodeh, tumis, direbus untuk dijadikan lalapan hingga manisan. Buah yang dianggap sayuran ini memiliki banyak nutrisi dan gizi yang bagus untuk tubuh.

- Advertisement -

Dilansir dari Alodokter, dalam 100 gram labu siam terdapat Karbohidrat 7 gram, Protein 1 gram, Serat 6 gram, Kalsium 14 mg, Fosfor 25 mg, Kalium 167 mg, dan Zat Besi 0,5 mg. Tak hanya itu, sayuran satu ini juga mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B1, Flavonoid, Tembaga, dan Zinc.

Dengan banyaknya nutrisi yang melimpah, tak heran labu siam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini 12 manfaat labu siam untuk kesehatan.

- Advertisement -
  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat yang pertama yakni mampu mengendalikan kadar gula darah. Sebab kandungan kalium pada labu diam bermanfaat untuk merangsan produksi insulin dalam tubuh. Insulin itu sendiri berperan mengatur kadar gula darah. Oleh karena itu, labu siam yang dikonsumsi akan mampu mengendalikan kadar gula darah tetap stabil.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Dalam beberapa penelitian mengungkapkan bila labu siam mampu menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker serviks, leukimia, dan kanker usus besar. Kendati demikian masih perlu penelitian lanjutan.

- Advertisement -
  1. Labu Siap Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan Vitamin C pada labu siam mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit. Vitamin C juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan dan Mengobati Sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada labu siam dianggap mampu menjaga keseimbangan jumlah bkateri dan usus dan melancarkan buang air besar. Berkat kandungan seratnya, buah satu ini mampu mengatasi sembelit.

5. Menurunkan Kadar Asam Urat

Labu siam memiliki kandungan serat yang tinggi, tetapi rendah purin. Karena itulah buah ini mampu menurunkan kadar asam surat dalam tubuh. Selain itu labu siam mampu mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat. Kendati demikian klaim manfaat labu siam ini masih perlu penelitian lebih lanjut

6. Mampu Menurunkan Berat Badan

Selain tinggi serat, labu siam juga rendah kalori dan kaya akan potein serta karbohidrat komples. Karen kandungan itulah, buah satu ini cocok untuk dikonsumsi saat diet. Berat badanmu akan ideal bila rutin mengonsumsi ini saat diet. Namun jangan lupa kombinasikan dengan olahraga ya.

  1. Mencegah Penumpukan Lemak pada Hati

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa labu siam mampu mencegah penumpukan lemak pada hati. Dengan begitu buah satu ini mampu menurunkan risiki terjadinya perlemakan hati. Bila mengonsumsi labu siam secara rutin, maka fungsi hati akan bekerja dengan maksimal.

8. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini

Kandungan Vitamin C dalam labu siam mampu merangsang prosuksi kolagen di dalam tubuh. Dengan terjaganya kolagen, maka tanda penuaan dini seperti garis halus, keriput, kulit kusam dapat dicegah. Dengan begitu anda akan tampak awet muda.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Labu siam kaya akan serat dan mengandung antioksidan nyricetin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Myricetin bekerja dengan cara melancarkan aliran darah ke jantung, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

10. Penting untuk Pembentukan Sel dan DNA pada Janin

Kandungan folat (Vitamin B9) pada labu siam sangat penting untuk pembentukan sel dan DNA pada janin. Kekurangan folat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada bayi, seperti cacat tabung saraf, masalah jantung, hingga risiko keguguran.

11. Mengatasi Anemia

Salah satu manfaat lain dari labu siam adalah mampu mengatasi anemia. Anemia atau kekerungan zat besi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi labu siam. Dengan buah satu ini memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu mengatasi kekurangan hemoglobin dan meningkatkan produksi sel darah merah

12. Labu Siap Mampu Mengontrol Tekanan Darah

Dengan sifat diuretik yang ringan, labu siam dapat memperlebar pembuluh darah dan meningkakan aliran darah, sehingga membantu mengurangi tekanan darah.

Ternyata buah yang sering dijadikan sayur lodeh ini memiliki mafaat yang melimpah. Kendati demikian, hanya dengan mengonsumsi makanan ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Untuk itu tetap mengonsumsi nutris lain seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, hingga daging.

Untuk mendapatkan manfaat labu siam (penyakit tertentu), silakan berkonsumsi dengan dokter. Jadi dokter bisa menyarankan takaran dan cara mengolah labi siap yang tepat. Inilah 12 manfaat labu siap untuk kesehatan. Silakan mencoba. Semoga bermanfaat.

(Zs/RDR)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini