spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Kurang Pengawasan, Pembuatan Gedung di Pindad tidak sesuai spesifikasi!

KNews.id-Untuk mendukung program Lini Munisi Kaliber Kecil yang menggunakan dana PMN 2015, PT Pindad melakukan Kontrak Perjanjian Pengadaan Jasa Pembuatan Gedung untuk Loading Primer dan Primer Composition dengan PT Matra Naluri Muda. Kontrak tersebut bernomor SJAN/14/P/BD/DN/IV/2018 tanggal 13 April 2018. Pelaksanaan kontrak bertempat di Divisi Munisi PT Pindad di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nilai kontrak tersebut sebesar Rp6.176.373.500,00, nilai tersebut merupakan harga yang tetap.

Berdasarkan Kajian Investasi Divisi Munisi Lini 5.56 mm, pembangunan gedung tersebut merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk membuat satu lini proses untuk mendukung lini produksi lengkap Munisi Kaliber Kecil dengan teknologi yang berbeda dengan teknologi yang selama ini diproduksi di PT Pindad. Gedung tersebut dipakai untuk memproduksi komposisi primer serta memproduksi primer yang siap untuk dipasang di munisi. Satu lini lengkap produksi munisi terdiri dari Lini Longsong, Lini Pelor, Lini Susun Munisi dan Lini Primer atau Penggalak. Primer atau penggalak merupakan mesiu pada persumbuan senjata yang digunakan untuk meledakkan mesiu munisi senjata.

- Advertisement -

Tahap desain atau perencanaan gedung tersebut dilaksanakan oleh PT Arion Indonesia sesuai dengan Surat Perintah Kerja No. SPK/50/P/BD/DN/V/2017 tanggal 30 Mei 2017. Lingkup tugas perencana adalah pembuatan base tech dan RAB yang meliputi (a) Gambar Detailed Engineering Design (b) Perhitungan Engineer Estimate, (c) Rencana Kerja dan Syarat, dan (d) Maket.

Dalam merencanakan desain gedung, pihak konsultan perencana merujuk pada desain yang dibuat oleh vendor peralatan yang nantinya akan dipasang di gedung tersebut.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini