spot_img
Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Kurang Baik, Jangan Buka Puasa Pakai Jus Buah, dr Zaidul Akbar Anjurkan Cara Terbaik

 

KNews.id – Jus buah menjadi pilihan terbanyak untuk minuman berbuka puasa selain karena rasanya yang manis juga menyegarkan. Memang, mengonsumsi buah tentu baik untuk kesehatan, tapi tidak dengan jus buah.

- Advertisement -

Hal tersebut disampaikan oleh dr Zaidul Akbar terkait dampak yang ditimbulkan jika mengonsumsi jus buah. Selain dijus, lantas bagaimana sebaiknya jika ingin mengonsumsi buah-buahan?

Mengonsumsi buah tentu merupakan salah satu pola hidup sehat yang dianjurkan oleh banyak ahli kesehatan. Bagi sebagian orang, mengsumsi buah lebih suka dengan cara dijus. Mengonsumsi jus buah memang terasa segar dan nikmat, apalagi ditambahkan es dan diminum saat cuaca panas.

- Advertisement -

Namun ternyata, dibalik rasanya yang enak, ahli kesehatan sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar justru mengingatkan untuk tidak sering minum jus buah. Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro itu tidak menganjurkan mengonsumsi buah dengan cara dijus.

Kira-kira mengapa demikian? Padahal jus buah sangat nikmat untuk diminum, terutama di kala cuaca sedang terik. Dilansir dari kanal YouTube dr Zaidul Akbar Official, pakar kesehatan yang juga dikenal sebagai pakar obat herbal itu menganjurkan mulai sekarang makan buah dengan cara dimakan langsung.

- Advertisement -

Pasalnya, jika mengolah buah dengan cara dijadikan jus bisa membuat kadar gulanya naik yang berpengaruh pada gula darah di dalam tubuh.

“Karena kalau dijus gulanya naik, pecah dia kan gulanya makanya saya kalau buah-buahan lebih menyarankan dimakan, dikunyah, digigit, gitu loh dari pada dijus,” kata dr Zaidul Akbar.

Tak hanya itu, dr Zaidul Akbar juga tidak menganjurkan anda membeli jus buah yang biasa dijual di pinggir jalan. Menurutnya, jus buah yang dijual itu hanya mengandung sedikit buah dan sisanya banyak menggunakan air, tambahan gula pasir dan susu kental manis.

Buah yang dijus saja rentan menaiikan gula darah, apalagi ditambahkan dengan pemanis, inilah yang membuat manusia rentan terkena kencing manis.

“Jangan heran kalau minum jus itu bikin gula darah naik, udah buahnya dijus naik gulanya, pakai gula pasir lagi, pakai susu kental manis, maka komplit paketnya untuk meraih predikat kencing manis,” pungkasnya.

(Zs/Trbn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini