spot_img
Sabtu, Maret 2, 2024
spot_img

KPK Bidik Kongsi Kapolda Metro Jaya setelah Firli Bahuri Jadi Tersangka

KNews.id –  Jika ada yang bagus dari ungkapan bahasa Jawa tiji tibehmati siji mati kabeh atau mati satu tumpas semua—adalah cerita saling sikut antara KPK dan polisi hari-hari ini. Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya menetapkan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka pemerasan. Sehari setelah itu, giliran Firli Bahuri dan penyidik KPK menaikkan status Muhammad Suryo sebagai tersangka proyek rel kereta Solo-Yogyakarta.

Pengusaha asal Yogyakarta itu adalah kongsi Inspektur Jenderal Karyoto, Kapolda Metro Jaya. Agaknya KPK hendak menyerang balik dengan menelisik peran Karyoto dalam dugaan korupsi oleh Muhammad Suryo itu.

- Advertisement -

Jika rembetan pengusutan itu tuntas, ini tentu baik dalam pemberantasan korupsi. Saling bongkar urusan korupsi oleh para penegak hukum akan membuka semua kasus yang selama ini saling ditutupi karena menyangkut periuk kepentingan para elite itu.

- Advertisement -

Polisi menjadikan Firli Bahuri sebagai tersangka pemerasan kepada Syahrul Yasin Limpo. Syahrul diduga memberikan uang lebih dari Rp 7 miliar kepada Firli Bahuri ketika ia diusut KPK dalam kasus pemerasan kepada anak buahnya di Kementerian Pertanian. Firli dan Syahrul pun bertemu di lapangan badminton, sesuatu yang terlarang bagi komisioner KPK bertemu orang yang beperkara.

Sejak KPK dipimpin Firli Bahuri, lembaga ini berada di titik nadir. Publik kehilangan harapan dan kepercayaan kepada lembaga yang sudah tak bertaring karena revisi UU KPK oleh pemerintahan Jokowi. Penempatan jenderal polisi seperti Firli Bahuri membuat penanganan korupsi melanggar etik yang tak putus-putus.

KPK yang diharapkan menjadi lembaga alternatif memberantas korupsi karena kepolisian dan kejaksaan susah diharapkan menegakkan hukum menjadi sama bobroknya. Firli Bahuri membawa kehancuran KPK semakin dalam. Masalahnya beranikah KPK melanjutkan “perang” ini. Atau jiperkah polisi mengusut perilaku korup Firli Bahuri?  (Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini