spot_img
Sabtu, Februari 24, 2024
spot_img

KJP Plus November Belum Juga Cair, Orang Tua Pasrah: Tunggu Nasib

KNews.id – Salma Aliyah, 38 tahun, pasrah menanti kepastian kapan dana Kartu Jakarta Pintar atau KJP Plus milik anaknya cair untuk periode November 2023. Menurut dia, biasanya pencairan dana KJP Plus selalu tepat waktu.

“Bulan ini aja nih tumben belum cair dana KJP, semua jadi pada ngeluh,” ujar Salma saat ditemui Tempo di rumahnya, Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur. Asisten rumah tangga ini mengatakan anaknya menjadi penerima KJP Plus sejak 2016. Mundurnya pencairan KJP bulan ini membuat ia merasakan perbedaan yang signifikan.

- Advertisement -

Kerasa banget belum cair. Jadi enggak bisa nyicil beli buku anak sekolah, apalagi ini udah mau semester,” katanya.  Hingga kini ia belum mendapat informasi lebih detail ihwal kapan dana KJP Plus bulan ini akan cair. Salma mengaku pasrah apapun keputusan pemerintah. “Tinggal tunggu nasib kalau kayak gitu, mah.”

Salma menuturkan pencairan dana KJP biasanya berlangsung antara tanggal 5 dan 15 setiap bulan. “SD dulu (cair) tanggal 5, SMP tanggal 10, SMA tanggal 15. Tapi Oktober kemarin semuanya serentak tanggal 15,” tuturnya.

- Advertisement -

Nominal KJP yang diterima oleh anak Salma setiap bulannya Rp450 ribu, tapi yang bisa dicarikan hanya Rp100 ribu. Sisanya hanya bisa digunakan secara debit untuk membeli keperluan sekolah seperti buku, seragam, dan lainnya.

Tidak semua penerima KJP mendapat nominal yang sama tergantung jenjang pendidikan. “SD Rp250 ribu, SMP Rp350 ribu, SMK Rp450 ribu,” kata Salma.

Heru Budi Siap Teken Kepgub KJP

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sebelumnya mengatakan akan menandatangani Keputusan Gubernur tentang penetapan penerima Kartu Jakarta Pintar alias KJP Plus dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul alias KJMU Tahap II Tahun 2023 Jumat pekan lalu.

“KJP saya minta hari ini sudah ada di meja saya untuk saya tanda tangani supaya bisa cepat selesai,” kata Heru Budi saat ditemui di Kecamatan Kemayoran, Kelurahan Kebon Kosong, Jakarta Pusat, Jumat, 24 November 2023.

Dia mengungkapkan selama ini belum menerima berkas data penerima KJP Plus Tahap II dari Dinas Pendidikan. “Hari ini bisa selesai, jadi mungkin sore atau Sabtu, Minggu, bisa direalisasi,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Kepala Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (P4OP) Dinas Pendidikan DKI Jakarta Waluyo Hadi menyampaikan posisi dana bantuan pendidikan KJP Plus bulan ini yang belum juga cair.

Posisi dana saat ini disebutkan masih berada di inspektorat. Upaya selanjutnya adalah harus melalui tahap biro hukum, Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah DKI Jakarta, baru setelahnya dituangkan dalam draf keputusan gubernur (kepgub) untuk ditandatangani.

“Hal itu menjadi syarat administratif yang harus diselesaikan sebelum dana tersebut disalurkan kepada penerima manfaat,” kata Waluyo saat dihubungi pada Kamis 22 November 2023.

Waluyo memastikan soal data sudah final. Karenanya, setelah keputusan gubernur diterbitkan, Dinas Pendidikan akan langsung menyurati Bank DKI Jakarta pada hari itu juga. “Kami langsung melakukan perintah kepada Bank DKI untuk memindahbukukan dana yang ada, dari rekening khusus ke rekening masing-masing siswa penerima KJP Plus,” ujarnya.  (Zs/Tmp)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini