spot_img
Rabu, April 17, 2024
spot_img

Kapal dan 32 Awaknya Ini Lenyap Misterius 120 Tahun, Penyebabnya Kini Terungkap

 

KNews.id – Sebuah kapal pengangkut batu bara lenyap misterius di lepas pantai New South Wales, Australia, pada tahun 1904. Setelah 120 tahun, kapal pembawa 32 orang itu akhirnya ditemukan dan penyebabnya terungkap.

- Advertisement -

Selama lebih dari seabad, hilangnya kapal bernama SS Nemesis itu menjadi misteri. SS Nemesis sedang mengangkut batu bara ke Melbourne pada bulan Juli 1904 ketika terjebak dalam badai dahsyat di lepas pantai New South Wales dan menghilang bersama 32 awaknya.

Sebelum ditemukan, hilangnya kapal SS Nemesis sepanjang 240 kaki itu telah menimbulkan kegaduhan di media dan perhatian publik yang besar.

- Advertisement -

Eks Pilot Duga Disengaja Subsea Professional Marine Services, sebuah perusahaan penginderaan jarak jauh yang mencari kapal kargo yang hilang di dasar laut lepas pantai Sydney pada tahun 2022, secara tidak sengaja menemukan bangkai kapal yang hilang.

Bangkai kapal itu sama sekali tidak tersentuh, berada sekitar 16 mil di lepas pantai New South Wales dan di bawah permukaan air hampir 525 kaki. Perusahaan itu mencurigai kapal yang tenggelam di bawah laut tersebut adalah SS Nemesis, namun mereka harus menggunakan citra bawah air khusus untuk memastikan ciri khas bangkai kapal tersebut selaras dengan foto-foto sejarah dan sketsa dari si kapal pengangkut batu bara.

- Advertisement -

Gambar menunjukkan bangkai kapal yang terbuat dari besi itu terletak tegak di dataran berpasir. Haluan dan buritannya rusak parah. Dari penemuan tersebut terungkap bahwa kapal tersebut tenggelam karena mesinnya kewalahan akibat badai.

Para pakar yakin SS Nemesis mulai tenggelam begitu cepat setelah dihantam gelombang besar sehingga awak kapal tidak sempat mengerahkan sekoci. Para pejabat terkait telah mendesak keluarga-keluarga yang kehilangan leluhur di kapal tersebut untuk melapor.

“Sekitar 40 anak kehilangan orang tuanya dalam kecelakaan ini dan saya berharap penemuan ini dapat membawa penutupan bagi keluarga dan teman-teman yang terkait dengan kapal tersebut yang tidak pernah mengetahui nasib kapal itu,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Warisan NSW Penny Sharpe, seperti dikutip New York Post.

Anggota Parlemen lokal Wollongong, Paul Scully, mencatat bahwa hanya 105 dari lebih dari 200 bangkai kapal yang diyakini telah ditemukan di lepas pantai New South Wales, dan memuji “penemuan penting” tersebut.

Menteri Ilmu Pengetahuan Australia Ed Husic juga memuji penemuan tersebut, yang diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi keturunan 32 pelaut yang tewas di kapal SS Nemesis.

“Setiap orang Australia harus menyadari rasa ingin tahu dan kegigihan yang ditunjukkan para ilmuwan kami dalam proyek ini, seperti yang mereka lakukan dalam semua pekerjaan mereka,” kata Husic.

Para pejabat mengatakan anggota awak yang hilang berasal dari Australia, Inggris, dan Kanada.
(Zs/Snd)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini