spot_img
Selasa, Mei 7, 2024
spot_img

Jusuf Hamka, Sosok Penyelamat Astra dari Kebangkrutan!

Selain Jusuf Hamka beberapa pengusaha lain juga tercatat memberi bantuan, seperti Prajogo Pangestu dan Eka Tjipta Widjaja. Konon dari Rp 200 milliar yang dipinjamkan, dana baru terpakai Rp 100 miliar. Sisanya tak dipakai karena Bank Summa sudah terlanjur pailit. Bantuan yang mengalir begitu deras tetap tidak bisa menyelamatkan Bank Summa.

Di penghujung tahun 1992, izin Bank Summa resmi dicabut. Untuk menyelamatkan uang para nasabah William mengambil keputusan paling memilukan sepanjang hidupnya: menjual 76% kepemilikan saham di Astra International yang kala itu konglomerasi terbesar kedua di Indonesia.

- Advertisement -

Sejak itu, nama William menghilang dari kepemilikan Astra. Dia kehilangan pamor sekaligus mesin pendulang uang. Terkait pinjaman Jusuf Hamka, tidak diketahui nasib setelahnya. Namun pastinya setelah kejadian itu nama Keluarga Soerjadjaja meredup.

Sedangkan, Jusuf Hamka semakin naik daun sebagai pengusaha kayu yang kemudian beralih ke sektor jalan tol dengan memiliki PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP). (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini