spot_img
Sabtu, Mei 11, 2024
spot_img

Islam di Indonesia Kacau Balau

Oleh: Sutoyo Abadi (Koordinator Kajian Politik Merah Putih)

KNews.id- “Dunia Islam itu paling sempurna , semua teratur, selalu terbuka menerima kritikan, terdepan dlm ilmu pengetahuan. Tetapi Islam di Indonesia kacau balau bahkan jadi “minoritas kualitas dibidang  ekonomi dan  Politik.

- Advertisement -

Di Indonesia kok tanpa bentuk, tak ada keteraturan ‘ekonomi- sosial- politik – budaya dst.

“Secara kategori sosiologis komunitasnya masih berkelas gerombolan atau kerumunan,” kata Ustadz Syamsi Ali, Imam Masjid di Amerika.

- Advertisement -

Bangsa Barat & Timur yang telah maju justru “Sangat Islami” dari segi modal kesalehan sosial . Walau sekuler atau berdasarkan  tradisi bangsanya (penelitian Rehman – Askari tentang “Keberislaman Negara-negara” dari George Washington University).

Mungkin bermula dari umat Islam tak mau mengamalkan  ilmu muamalah/semesta/ utama sosial – praktek – strategi – membangun masyarakat – bangsa.

- Advertisement -

Istilahnya Antonio Gramshi “Mekanik Tak Organik”. Dengan kacamata kuda “Newtonian cartesian’ tanpa relevansi pada realitas sosial – politik – ekonomi – bangsa dan negara. Bahkan ada kritik yang cukup tajam kepada Bangsa Indonesia.

Etnolog Belanda Profesor Veth pernah mencela rakyat negeri ini seperti “rakyat kambing yang semangat harimaunya sudah dijinakkan sampai ke kutu-kutunya, karena bekerjanya obat tidur penjajahan …”

Gubernur Jenderal De Jonge di tahun 1930-an masih juga berkata, Belanda akan menjajah 300 tahun lagi. Lemahnya mentalitas bangsa ini yang mudah dipecah-belah berdasarkan pendapat-pendapat ilmuwan mereka yang berkesimpulan kita adalah “bangsa yang paling lunak di dunia” (het zachtmoedigste volk ter aarde).

Sun Yat Sen mengatakan ; Bangsa Indonesia adalah bangsa yang tidak punya keinginan untuk membebasklan diri dari penindasan ibarat “a sheet of loose sand”. Bagaikan pasir yang meluruk dan rapuh. Tiada keteguhan, sehingga mudah ditiup ke mana-mana.

Kritik diatas dalam bahasa tidak langsung menyebut umat Islam . Tetapi realitas bangsa Indonesia adalah umat Islam. Sekiranya ajaran Islam itu dijalankan dengan baik oleh umatnya, maka takkan ada orang miskin yang telantar, tidak ada orang sakit yang tidak bisa berobat, dan tidak akan ada perpecahan, kebodohan, dan kejahatan kemanusiaan di kalangan umat Islam. Kata Syekh Muhammad Abduh, “Islam tertutup oleh umat Islamnya sendiri.”

“Al-Islamu mahjubun bil-muslimin“. Cahaya Islam ditutupi dan digelapkan oleh orang Islam itu sendiri.

Apakah Umat Islam akan tertutup padahal Islam sesuai yang dikutip oleh Hamzah Yakusai mengutip beberapa pernyataan tokoh-tokoh Filsafat Barat yang memprediksikan masa depan Islam:

  1. Leo Tolstoy (1828-1910)

“Islam akan menguasai dunia suatu saat nanti, sebab ia menggabungkan antara ilmu pengetahuan dan hikmah.”

  1. Herbert Wells (1846-1946)

“Hingga akhirnya Islam kembali lagi, betapa banyak generasi yang akan merasakan kesengsaraan kemudian suatu waktu nanti dunia seluruhnya akan tunduk pada Islam, pada saat itu kedamaian akan terwujud dan kembali menjadi tenang.”

  1. Albert Einstein (1879-1955)

“Saya memahami bahwa kaum muslimin melakukan itu semua karena kecerdasan dan kesadaran mereka, sesuatu yang tidak mungkin mampu dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Dalam Islam ada kekuatan dan hikmah yang akan membawa kepada kedamaian.”

  1. Houston Smith (1919)

“Ada yang lebih baik daripada keimanan yang kita anut sekarang ini, dialah Islam. Jika kita mau membuka hati dan akal kita itu akan sangat baik bagi kita.”

  1. Michael Nostrodamus (1566-1503)

“Islam akan menjadi agama yang berkuasa di Eropa, dan salah satu kota terkenal di Eropa akan menjadi ibukota negeri Islam.”

  1. Bertrand Russell (1872-1970)

“Saya telah membaca tentang Islam dan saya akhirnya tahu bahwa Islamlah agama yang akan menjadi agama seluruh dunia dan semua manusia. Islam akan menyebar di seluruh sudut-sudut Eropa, dan akan datang waktunya Islam menjadi penggerak hakiki dunia ini.”

  1. Gustaf Lebon (1841-1931)

“Islam adalah agama satu-satunya yang berbicara tentang perdamaian dan perbaikan serta ajakan kepada orang-orang Nasrani untuk menghargai keimanan yang membawa kebaikan.”

  1. Bernard Shaw (1856-1950)

“Suatu hari dunia keseluruhan akan menerima Islam sebagai satu-satunya agama..

Seandainya mereka tidak menerima dengan namanya yang sebenarnya, pasti mereka akan meminjam subtansi ajaran Islam. Tapi pasti Barat akan menerima Islam suatu hari. Dan Islam adalah satu-satunya agama yang akan memimpin dunia.”

  1. Yohan Jits (1749-1832)

“Wajib bagi kita semua menerima Islam cepat atau lambat. Dialah agama yang sebenar-benarnya. Andai saya diajak masuk Islam saya tidak akan merasa sebagai sebuah keburukan, bahkan itu saya anggap sebagai sebuah kenyataan.”Pertanyaan kena apa Islam sebagai konsep kehidupan yang paripurna, sementara umat Islam masih kacau balau baik di bidang politik dan ekonomi.

Ada harapan ada cahaya :

الرجاء ما قارنه عمل والا فهو امنية

Harapan itu harus disertai amal nyata, jika tidak maka ia hanyalah angan-angan belaka.

–Syekh Ibnu Atha’illah, Al-Hikam

Syekh Abdullah Asy-Syarqawi menjelaskan bahwa harapan (ar-raja’) yang sesungguhnya adalah harapan yang dapat memotivasi seseorang untuk berjuang dalam bekerja dan beramal. Kalau demikian sangat mungkin umat Islam memahami ajarannya lebih banyak hanya tekstual masih jauh dari ajaran Islam yang sempurna. (AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini