spot_img
Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Idulfitri Diharapkan jadi Momen Rajut Persatuan dan Kesatuan Meski PHPU Bergulir di MK

 

KNews.id – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengatakan meskipun saat ini tengah bergulir perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) namun IdulFitri tetap menjadi momen menjalin persatuan.

- Advertisement -

Hal tersebut disampaikan Bagja saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024).

“Kami berharap momentum IdulFitri ini dapat merajut dan menjalin kembali kesatuan dan persatuan di lingkungan warga negara dan di lingkungan masyarakat Republik Indonesia ini. Walaupun sekarang sedang berlangsung PHPU di MK, baik Pilpres dan sebentar lagi setelah tanggal 22 akan ada Pileg, ada ratusan permohonan itu,” kata Bagja.

- Advertisement -

Bagja mengatakan, Idulfitri menjadi momen bagi masyarakat Indonesia untuk lebih tenang, setelah melewati masa-masa kontestasi politik, yang saat ini masih berjalan di persidangan di MK.

“Harapannya, semua menyadari bahwa walaupun kita beda pilihan, berbeda dalam memilih pemimpin, akan tetapi semua akan terajut kembali dalam kesatuan dan persatuan,” ujarnya.

- Advertisement -

Menurut penuturan Bagja, dirinya secara pribadi memberikan perhatian pada PHPU di MK, diantaranya dengan melakukan mudik ke daerah yang cukup dekat dengan Jakarta. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kebutuhan yang mendadak atau mendesak untuk kelancaran proses PHPU.

“Pulang kampung ke Kuningan, Jawa Barat yang dekat-dekat saja. Biar kalau dipanggil karena ada apa-apa bisa langsung ke sini (Jakarta). Kan terbatas juga waktu liburannya, walaupun kita pakai zoom untuk menyiapkan kesimpulan dalam hasil sengketa Pilpres tanggal 15 atau 16 harus disampaikan ke MK,” jelas dia.

(Zs/Trbn)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini