spot_img
Jumat, Mei 10, 2024
spot_img

Harvey Moeis Orang Lama di Dunia Tambang

 

KNews.id – Pengusaha Harvey Moeis sekaligus suami dari aktris Sandra Dewi telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Agung dalam kasus korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022 dengan merugikan negara mencapai Rp271 triliun.

- Advertisement -

Harvey Moeis merupakan seorang pengusaha yang lahir pada 30 November 1985 berdarah keturunan Papua, Ambon, dan Makassar. Diketahui Harvey bukan orang baru dalam bidang komoditas dan pertambangan.

Diketahui sumber kekayaan Harvey berasal dari bisnis pertambangan. Keluarga besar Harvey telah lama bergerak di bisnis batu bara, dengan memiliki sejumlah perusahaan seperti PT Refined Bangka Tin, CV Venus Inti Perkasa, dan lainnya.

- Advertisement -

Harvey sendiri memiliki sejumlah bisnis di sektor tambang batu bara yakni PT Multi Harapan Utama (MHU) di Kalimantan Timur sebagai Presiden Komisaris. Harvey juga memiliki kepemilkikan saham di beberapa perusahaan pertambangan yakni PT Refined Bangka Tin, CV Venus Inti Perkasa, PT Tinindo Inter Nusa, PT Sariwiguna Bina Sentosa dan PT Stanindo Inti Perkasa.

Harvey diketahui juga memiliki kepemilikan saham di salah satu perusahaan terbuka yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yakni PTABMInvestamaTbk (ABMM) sebesar US$185,6 juta atau berkisar Rp2 triliun dengan total 18,17% dari seluruh kontrak.

- Advertisement -

Namun, PTABMInvestamaTbk (ABMM) membantah adanya kepemilikan Harvey di ABMM, jika melihat daftar kepemilikan saham dalam laporan keuangan ABMM memang tidak ditemukan kepemilikan atas nama Harvey atau pun nama-nama perusahaan yang dimilikinya. Akan tetapi, diketahui bahwa ABMM melalui anak usahannya PT Cipta Kridatama (CK), diketahui menjalani hubungan bisnis kontraktor tambang dengan Harvey Moeis.

Pada laporan keuangan tahun buku 2021, ABMM membukukan pendapatan dari kontrak dengan pelanggan, yang salah satunya dari PT Multi Harapan Utama sebesar US$185,6 juta atau 18,17% dari seluruh kontrak.

Selain itu, Harvey juga memiliki investasi di bidang lain, seperti menjadi Duta Besar Ferrari Roma untuk Indonesia dengan showroom di Jakarta. Namun, dari pihak Ferrari juga membantah adanya kepemilikan investasi Harvey di Ferrari kepada CNBC Indonesia.

Adapun, orangtua Harvey bukan orang sembarangan, ia lahir dari pasangan konglomerat, yakni ibunda Harvey bernama Irma Silviani, sedangkan ayahnya Hayong Moeis telah meninggal dunia.

(Zs/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini