spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Hadapi Ketidakpastian Global, OJK Dorong Bank untuk Proaktif dan Kolaboratif

KNews.id– Saat ini dunia sedang mengalami new uncertaintly kompleks yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat beberapa hal. Pertama ketegangan politik yang pada gilirannya mendisrupsi global value chain dan sistem logistik. Kedua, agresivitas normalisasi kebijakan The Fed yang memicu inflasi tinggi dan pengetatan likuiditas. Dan ketiga, lesunya perekonomian di negara-negara maju yang menuju resesi. Downside risk tersebut dapat membawa ekonomi dunia ke jurang resesi, bahkan stagflasi tahun depan.

Demikian hal ini disampaikan oleh Mahendra Siregar, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dalam The Secret of Effective Leadership on Crisis yang diselenggarakan Infobank di Jakarta, Rabu, 23 November 2022.

- Advertisement -

Ia menyebut, likuiditas global juga diperkirakan menjadi lebih tertekan sehingga memicu tingginya volatilitas di sektor keuangan. Financial stability board menggaris bawahi bahwa dalam beberapa bulan terakhir terjadi peningkatan risiko sistemik yang berasal dari industri keuangan nonbank. Situasi yang mendorong krisis fiskal dan kemudian politik di Inggris, bangkrutnya pasar kripto FTX dan produk crypto FTT maupun krisis obligasi korporasi di Korea Selatan yang didorong oleh masalah Legoland adalah beberapa contoh yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini