spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Gibran Sebut Jokowi Bakal Beri Masukan Susun Kabinet Prabowo

 

KNews.id – Wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka menyebut Presiden Joko Widodo kemungkinan akan memberi masukan dalam menentukan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

- Advertisement -

Ia menegaskan penentuan kabinet nanti tetap di tangan presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Ya mungkin masukan, tapi penentuannya di Pak Prabowo ya,” kata Gibran usai acara buka bersama TKN, Jakarta. Gibran juga menepis isu yang menyebut Jokowi akan menitipkan menteri di kabinet nanti.

- Advertisement -

Ia menegaskan perihal menteri merupakan hak prerogatif presiden terpilih. Gibran menyampaikan ia dan Prabowo juga telah membicarakan perihal kabinet.

“Sudah lama dari kemarin-kemarin. Sudah dibicarakan dari kemarin-kemarin,” ucap dia.

- Advertisement -

KPU telah menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024. Mereka berhasil mengalahkan dua kontestan lain, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. Mereka menang satu putaran usai unggul di 36 dari 38 provinsi di Indonesia. Sementara dua provinsi lainnya dimenangkan oleh AMIN.

Kini, komposisi menteri di kabinet pun cukup menjadi perbincangan. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto secara spesifik meminta lima kursi di kabinet. Pernyataan itu disampaikan Airlangga saat bertemu para ketua Golkar di tingkat daerah pada Jumat (15/3) di Bali.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Melchias Markus Mekeng mengaku akan menyampaikan langsung permintaan partainya itu kepada Prabowo.

“Tentunya kami sampaikan kepada presiden. Apakah presiden setuju atau enggak itu kan prerogatif presiden,” ucap Mekeng saat dihubungi, Senin (18/3).

Sementara itu, PAN menyerahkan sepenuhnya perihal kabinet itu kepada Prabowo. Ketum Zulkifli Hasan menyebut itu merupakan hak prerogatifnya.
(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini