spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Dukung AMIN, Ulama se-DKI Kawal Pemilu Damai 2024

KNews.id – Forum Ulama dan Habaib (FUHAB) DKI Jakarta, menyatakan dukungannya untuk pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, pada Pemilu 2024. Hal itu disampaikan dalam acara Deklarasi di Jakarta Timur pada Rabu, 7 Februari 2024.

Pernyataan sikap dibacakan oleh Ketua Umum FUHAB DKI Jakarta, Muhammad Luthfi Zawawi. Disebutkan bahwa para ulama dan habaib se-Jabodetabek akan selalu setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar RI 1945, serta selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia.

- Advertisement -

Dua, para ulama dan habaib berusaha selalu menjaga seluruh proses pemilihan umum, baik pemilihan umum presiden maupun pemilihan legislatif berjalan langsung umum bebas dan rahasia.

“Dengan mengedepankan kejujuran dan keadilan untuk dapat memilih pemimpin bangsa dan negara yang sidiq, tabligh, amanah dan fathonah dalam rangka mencapai negara yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur,” kata Luthfi di Jakarta.

- Advertisement -

Tiga, para ulama dan habaib meminta kepada seluruh aparatur negara, baik ASN, TNI dan Polri untuk kiranya bersikap netral selama proses pemilhan umum, baik pemilihan presiden dan pemilihan legislatif.

“Kami meminta kepada penyelenggara pemilihan umum yakni KPU dan Bawaslu untuk menjaga integritas dan netralitas dlm menjalankan tugasnya sehingga terwujud pemilihan umum yang jujur dan adil,” ujarnya.

Empat, para ulama dan habaib menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya dengan cerdas, bijak, bebas tanpa ada paksaan dan suap dari manapun.

“Kami meminta secara sukarela kepada seluruh para ulama, kiyai, untuk bisa mengawasi bahkan menjadi saksi dalam perhitungan suara nanti dari hasil pemilihan presiden dan pemilihan legislatif di negara yang kita cintai ini,” katanya.

Kelima, kata Luthfi, para ulama dan habaib dengan ini mendukung dan memilih pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 kepada Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar sesuai dengan ijtima ulama dan arahan nasihat dari para ulama serta para habaib.

“Kami senantiasa berdoa dan mendoakan kepada Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2024,” ucapnya.

Sementara, Luthfi juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan umat Islam untuk sama-sama menjaga agar pesta demokrasi pemilihan umum 2024 ini bisa berjalan dengan lancar dan damai. “Tentunya, komponen untuk menjaga itu, pemerintah sudah mempersiapkan.

Kita bantu doa, kita sampaikan kepada umat di majelis-majelis supaya ini dijaga tertib, damai tenang, semuanya kita sampaikan. Kita berdoa kepada Allah SWT,” pungkasnya.
(Zs/Viv)

 

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini