spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Dokterin Despotisme Usang Menyertai RKUHP tentang Penghinaan Diri, Presiden, Diri, Wakil Presiden dan Lembaga Negara

Prof. Eddie.Os Hiarij seharusnya memahami dokterin despotisme usang ini, mengingat disertasi beliau juga berkaitan dengan asas legalitas, tentunya dengan alasan negara pancasila, namun dapatkah dihukum seorang Presiden yang terlalu banyak ingkar janji kampanye, dengan alasan yang sama bahwa itu tidak mencererminkan Pancasila.

RKUHP terlihat bagus karena buatan asli negara ini, namun tidak kita temukan Filsafat Pidana Holistik hidup dalam pembentukan RKUHP tersebut, sebagai berlatar belakang pendidikan hukum, saya tidak melihat semangat kemajuan didalam RKUHP, bahkan jauh dari harapan masyarakat.

- Advertisement -

Jeremy Bentham (1830)  dalam buku Traités de Legislation Civile et Pénalé (Hlm 227) mengatakan: ketika menciptakan Hukum pidana sama artinya menciptakan kejahatan “Faire une loi pénale , c’est créer un délit” penegakan hukum di negara ini yang sangat lemah cenderung buruk hendaklah diisi dengan aturan hukum yang benar-benar teruji. Jangan kelak seperti yang dikatakan oleh ahli hukum terdahulu-Jeremy Bentham. (AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini