spot_img
Selasa, April 16, 2024
spot_img

Dokterin Despotisme Usang Menyertai RKUHP tentang Penghinaan Diri, Presiden, Diri, Wakil Presiden dan Lembaga Negara

Montesquieu pernah berkata; tidak ada kejahatan yang lebih berbahaya bagi suatu negara daripada ketika suatu kejahatan keagungan tidak dapat ditentukan. Kita pastinya meyakini bahwa pernyataan itu berdasarkan pengalaman dan akal; apakah tidak bisa seorang Raja, Presiden yang memiliki hak istimewa untuk menghukum semuanya? Despotisme subur dalam sejarah, penguasa menyebutkan bahwa kejahatan dan penghianatan tingkat tinggi adalah penghinaan terhadap kekuasan.

Paul Johann Anselm Ritter von Fuerbach dalam buku Investigasi Yuridis Filosofis Terhadap Kejahatan Tingkat Tinggi “Philosophich Juridische Untersuchung Ãœber das Verbrechen des Hochverraths” (Realese 1 Januari, 1798) yang juga dikenal sebagai orang yang mengusulkan asas legalitas (nulum crimen nulla poena sine lege) pada tahun 1801, dan akui secara universal pada tahun 1813. Kesulitan untuk memisahkan antara kejahatan tingkat tinggi ‘makar’ dengan penghinaan kehormatan Republik, Raja, dan Pengeran.

- Advertisement -

Didalam halaman 6 buku tua Von Fuerbach tersebut, kita dapat melihat sejarah bahwa kejahatan tingkat tinggi bukan sekedar makar, melainkan juga penghinaan terhadap kekuasan, karena dua hal tersebut dianggap mempengaruhi kehormatan penguasa juga mempengaruhi kepentingan penguasa.

Kepentingan luar biasa untuk menjaga kehormatan penguasa, sehingga dari karakteristik penghianatan tingkat tinggi adalah kejahatan yang dilakukan seorang warga negara baik terhadap Negara sebagai objek langsung dari penghinaan atau penghinaan terhadap penguasa. (Von Fuerbach) Kejahatan negara terdiri dari tindakan-tindakan dimana negara sendiri adalah objek dari penghinaan, dari hal ini mudah dipahami bahwa kejahatan paling serius yang dilakukan dengan sendiri adalah kejahatan menghina negara. Karena negara adalah syarat yang diperlukan dari status hukum dan pemajuan hak seluruh warga negara.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini