spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Daftar Negara yang Sudah Beri Makan Siang Gratis ke Rakyatnya

 

KNews.id – Program makan siang gratis menjadi bahan kampanye pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden (pilpres) Indonesia 2024. Pasangan itu untuk sementara unggul dalam versi hitung cepat perolehan suara atau quick count oleh berbagai lembaga survei.

- Advertisement -

Prabowo-Gibran unggul atas rival mereka; Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Masyarakat Indonesia kini menantikan realisasi janji makan siang gratis yang dikampanyekan Prabowo-Gibran meski teknis dari program itu belum jelas.

Program semacam itu sebenarnya bukan hal baru. Beberapa negara telah menjalankannya dengan rata-rata target penerima bantuan adalah siswa sekolah.

- Advertisement -

Daftar Negara yang Sudah Beri Makan Siang Gratis ke Rakyatnya

1. Swedia

- Advertisement -

Swedia memiliki program makan siang gratis di sekolah-sekolah. Setiap siswa di sekolah dasar dan sekolah menengah menerima makan siang secara gratis.

2. Finlandia

Finlandia juga menyediakan makan siang gratis di sekolah-sekolah sebagai bagian dari sistem pendidikan mereka.

3. Brasil

Program pemerintah bernama “Programa Nacional de Alimentação Escolar” di Brasil memberikan makan siang gratis kepada siswa di sekolah-sekolah umum.

4. Jepang

Meskipun tidak seluruhnya gratis, Jepang memiliki program “Kyushoku” di sekolah-sekolah yang menyediakan makan siang dengan biaya yang sangat terjangkau.

5. India

Program Mid-Day Meal Scheme di India menyediakan makan siang gratis atau sangat terjangkau di sekolah-sekolah untuk meningkatkan partisipasi anak-anak dalam pendidikan.

6. Norwegia

Norwegia menyediakan makan siang gratis atau terjangkau di sekolah-sekolah sebagai bagian dari kebijakan pendidikan mereka.

7. Belgia

Beberapa wilayah di Belgia, seperti Brussels, menyediakan makan siang gratis di sekolah-sekolah.

8. Spanyol

Beberapa wilayah di Spanyol memiliki program makan siang gratis untuk siswa di sekolah.

9. Skotlandia

Skotlandia memiliki program “Free School Meals” yang menyediakan makan siang gratis untuk sejumlah siswa.

10. Selandia Baru

Beberapa sekolah di Selandia Baru menyediakan makan siang gratis atau subsidi untuk meningkatkan akses anak-anak terhadap makanan yang sehat.

11. Amerika Serikat

Program National School Lunch dan School Breakfast di Amerika Serikat menyediakan makanan gratis atau terjangkau kepada siswa di sekolah-sekolah.

12. Prancis

Beberapa sekolah di Prancis menyediakan makan siang gratis atau terjangkau untuk siswa.

13. Thailand

Thailand memiliki program “School Lunch Project” yang menyediakan makan siang gratis kepada siswa di Sekolah Dasar.

14. Malaysia

Malaysia memiliki program “Rancangan Makanan Tambahan” yang menyediakan makanan tambahan kepada siswa-siswi dari keluarga berpendapatan rendah.

15. Filipina

Beberapa sekolah di Filipina memiliki program makan siang gratis untuk meningkatkan kehadiran siswa dan kesehatan anak-anak.

16. Singapura

Singapura telah menjalankan program Pemberian Subsidi Makanan Sekolah (School Meal Subsidy Scheme). Pemerintah memberikan subsidi makanan sekolah untuk membantu meringankan beban biaya makanan bagi anak-anak yang membutuhkan.

Selain itu, pemerintah juga menjalankan program Pemberian Subsidi Pangan (ComCare Fund), di mana pemerintah memberikan bantuan finansial untuk membantu keluarga-keluarga yang berada dalam situasi keuangan sulit, termasuk bantuan untuk kebutuhan pangan.

(Zs/Snd)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini