spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Cara Mencegah Boom Tagihan Listrik dari PLN

KNews.id- Tidak sedikit masyarakat yang menjadi pelanggan pasca bayar PT PLN (Persero) terkejut mendapatkan tagihan listrik yang melonjak. Pasalnya, apabila petugas tidak bisa mengecek angka meteran listrik, maka PLN hanya akan memberi tagunan berdasarkan rata-rata pemakaian tiga bulan. Untuk mencegah terjadinya boom tagihan listrik dari PLN, para pelanggan PLN dapat memanfaatkan fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM) di aplikasi New PLN Mobile.

“Fitur SwaCAM kita hadirkan guna memberikan transparansi pemakaian listrik bagi pelanggan. Sekarang pelanggan juga dapat mengetahui estimasi tagihan listrik pada bulan berikutnya,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, Senin (26/4).

- Advertisement -

Bob menambahkan, kehadiran fitur ini juga bertujuan untuk meminimalisasi potensi kesalahan baca meter. Khususnya bagi kondisi atau lokasi meter pelanggan yang sulit dibaca oleh petugas.

Selain di New PLN Mobile, PLN juga menyediakan layanan Baca Meter Mandiri melalui WhatsApp di nomor 08122123123, sehingga pelanggan dapat melakukan pelaporan mandiri pada tanggal 24-27 setiap bulannya.

- Advertisement -

“Apabila pelanggan belum melaporkan secara mandiri melalui SwaCAM atau Whatsapp, serta lokasi atau kondisi meter pelanggan sulit dibaca oleh petugas, maka sebagai alternatif akhir PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan pemakaian sebagai dasar perhitungan rekening listrik,” terang Bob.

Menurutnya, alternatif akhir tersebut dilakukan guna mengantisipasi lonjakan tagihan, ketika petugas PLN sudah bisa membaca stand meter di lokasi pelanggan. Aplikasi New PLN Mobile sendiri kini tersedia untuk platform Android dan IOS. (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini