spot_img
Sabtu, Februari 24, 2024
spot_img

Cak Imin Ungkap Banyak S1 Nganggur: Menteri Pendidikan Kok Membiarkan

KNews.id – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku mendapat keluhan dari para sarjana (S1) yang menganggur usai lulus kuliah.

Cak Imin mengkritik Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim atas keadaan itu. Ia menilai Nadiem tak menyiapkan skenario untuk menyerap para sarjana itu.

- Advertisement -

“Ada teman-teman yang baru lulus S1 di berbagai tempat saya bertemu, mereka menyampaikan kami capek-capek berkuliah S1 tapi akhirnya kami harus menjadi pengangguran baru,” kata Cak Imin dalam pidatonya di Gor C-Tra Arena, Kota Bandung, Jawa Barat.

“Menteri pendidikannya kok membiarkan, tidak ada skenario apapun,” sambungnya.
Dalam pidatonya itu, Cak Imin juga melontarkan kelakar ‘rugi dong’ yang viral menjadi pembahasan di berbagai platform media sosial.

- Advertisement -

Ia menyebut saat ini banyak muncul di media sosial para mahasiswa hukum yang merasa rugi jika memilih kandidat pelanggar hukum. “Capek-capek kuliah hukum kok disuruh milih pelanggar hukum? Rugi dong,” katanya.

Ditemui usai acara, Cak Imin menilai permasalahan ini lahir lantaran sistem pendidikan Indonesia yang tidak link and match dengan dunia kerja. Ia menilai pemerintah tak serius menumbuhkan ekosistem pendidikan yang berbasis pada produktifitas atau penyerapan dunia kerja.

“Oleh karena itu, selain industrialisasi yang akan kita genjot, kita juga akan menata pendidikan kita supaya memiliki link and match dengan kehidupan industri dan ekonomi,” ujarnya.
(Zs/CNN)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini