spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Bidik Rights Issue Rp 12 T, KB Bukopin akan Genjot Kredit dan Jual NPL

KNews.id-PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) akan melakukan penambahan modal lewat mekanisme rights issue tahun ini dengan target dana jumbo yakni sekitar Rp 12 triliun.

Dalam aksi korporasi ini, BBKP berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 120 miliar lembar saham baru dengan nominal Rp 100 per saham.

- Advertisement -

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin, Robby Mondong mengatakan, pihaknya tengah dalam proses mengajukan izin ke Otoritas Jasa Keuangan. Penyataan efektif dari regulator ditargetkan bisa diperoleh pada bulan April sehingga rights issue bisa dirampungkan pada Mei 2023.

Dia mengungkapkan, Kookmin Bank selaku pemegang saham pengendali berkomitmen menyerap seluruh haknya dan juga menyiapkan dana untuk mengambil sebagian saham rights issue yang tidak diserap pemegang saham publik.

- Advertisement -

“Namun, kami juga menjajaki kerjasama dengan beberapa institusi untuk yang siap untuk membeli saham rights issue porsi publik apabila ada sisa yang tidak dieksekusi pemegang saham publik,” kata Robby, Jumat (31/3).

Adapun dana hasil rights issue akan digunakan perseroan untuk pengembangan bisnis, investasi di sektor teknologi informasi dalam rangka mendukung tranformasi digital yang dilakukan, serta untuk menyehatkan aset.

- Advertisement -

Namun, sebagian besar dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan bisnis. Robby bilang, pihaknya akan mengembangkan bisnis baik di segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), wholesale, maupun ritel.

Dari sisi wholesales, Bank KB Bukopin akan melakukan ekspansi melalui Korean Link Business. Nama Kookmin Bank yang sangat besar di Korea menjadi keunggulan Bukopin dalam menjalin kerjasama dengan perusahaan Korea di Indonesia. “Penyaluran kredit ke Korean Link hingga Maret 2023 sudah lebih dari Rp 3 triliun,” ujar Robby.

Selain itu, perseroan juga memperkuat kerjasama dengan perusahaan BUMN dan perusahaan swasta dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan. Strategi yang dilakukan dengan aktif berpartisipasi dalam pembiayaan sindikasi.

Ada beberapa proyek pembiayaan sindikasi yang diikuti KB Bukopin diantaranya pembiayan kepada INKA untuk mendukung operasional bisnis, termasuk untuk penyediaan angkutan transportasi umum berbasis listrik, kredit sindikasi kepada PT Air Bersih Jakarta dan sindikasi kepada Indika Energi.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini