spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Bank Syariah Besar Harus Jadi Imam, Bukan Menjadi Lawan UUS Kecil

KNews.id – Perbankan syariah yang pangsa pasarnya baru sekitar 7,7 persen di industri perbankan nasional memiliki banyak tantangan sekaligus peluang. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah kompetisi antar bank syariah sendiri.

Menurut Mulya Siregar, anggota Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), bank-bank syariah harus memiliki semangat untuk tumbuh dan maju bersama, bank yang berstatus bank umum syariah (BUS) maupun unit usaha syariah (UUS).

- Advertisement -

“Bank-bank syariah harus tumbuh bersama. Bank syariah yang besar harus menjadi iman yang baik. Dan yang kecil-kecil seperti UUS ikut tumbuh juga, bukan saling berkompetisi,” ungkap mantan Deputi Komisioner OJK yang saat ini menjadi Komisaris Independen BTPN Syariah, kepada Infobanknews, pada acara Pra Munas MES, 30 September 2023.

Mulya mengaku mendapatkan keluhan dari beberapa bank daerah yang memiliki UUS. “UUS mereka masih kecil, kalau punya nasabah bagus, lalu di-take over oleh bank syariah yang besar dengan pricing yang lebih rendah. Betul mekanisme pasar. Tapi semangat keuangan syariah adalah bagaimana tumbuh bersama. Dengan kekuatan yang tidak seimbang, sulit bank-bank syariah seperti UUS BPD bersaing dengan BUS yang besar,” jelas Mulya.

- Advertisement -

Pada kesempatan yang lain, sejumlah bank daerah yang umumnya memiliki UUS yang masih kecil berusaha meningkatkan perannya dan ingin bisa berkolaborasi dengan bank syariah yang lebih besar.

“UUS kami ingin tumbuh meskipun masih kecil. Kami ingin berperan dalam keuangan syariah dan karena kapasitas kami yang masih terbatas, tentu akan baik jika bisa ikut sindikasi dengan bank syariah yang sudah besar,” ujar Rokidi, Direktur Utama Bank Kalimantan Barat, dalam acara Sustainable SOE & Islamic Business Forum 2023 yang diadakan Infobank dan The Asian Post, pada 27 September 2023.

- Advertisement -

Per Juni 2023, aset perbankan mencapai Rp823 triliun, dengan outstanding pembiayaan sebesar Rp541 triliun dan pendanaan sebesar Rp626 triliun. Industri perbankan syariah saat ini diisi oleh 13 BUS dan 20 UUS. Selain bank umum, pasar pembiayaan syariah juga diisi oleh 165 bank perekonomian syariah dan fintech syariah. (Zs/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini