spot_img
Jumat, Mei 10, 2024
spot_img

Ancaman Resesi Kian Nyata, Bagaimana Nasib Lapangan Kerja Indonesia?

Solusi di Tengah Resesi
Untuk menghadapi kondisi tersebut, Bhima mengatakan ada sejumlah solusi yang bisa dilakukan pemerintah.

Untuk sektor properti, pemerintah bisa menambah subsidi bunga dan subsidi uang muka. Sektor properti perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah karena berkaitan dengan 175 sub sektor, di antaranya keramik, kaca, batu bata dan lainnya.

- Advertisement -

Selain itu, pemerintah juga perlu mendorong bantalan sosial yang lebih besar untuk UMKM. Pelaku UMKM perlu mendapatkan subsidi KUR.

“Kemudian untuk UMKM kan ada program 40 persen anggaran pengadaan barang dan jasa melibatkan produk lokal UMKM, ini harus segera direalisasikan terutama di level pemerintah daerah,” ujarnya.

- Advertisement -

Sementara untuk sektor padat karya seperti pakaian jadi perlu mendapatkan insentif perpajakan, diskon tarif listrik, dan subsidi upah yang lebih besar sehingga bisa mencegah perusahaan melakukan efisiensi tenaga kerja.

Sementara, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra Talattov mengatakan dampak lanjutan dari lonjakan harga komoditas dan energi adalah tergerusnya konsumsi masyarakat yang kemudian membuat aktivitas industri mengalami perlambatan.

- Advertisement -

“Sehingga implikasinya memang akan ada risiko terjadinya rasionalisasi atau pun penundaan ekspansi bisnis khususnya dari sektor-sektor yang menjadi tumpuan tenaga kerja,” ujarnya.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini