spot_img
Jumat, Mei 10, 2024
spot_img

Ancaman Resesi Kian Nyata, Bagaimana Nasib Lapangan Kerja Indonesia?

Sektor Paling Terdampak Resesi Ekonomi Global
Bhima mengatakan sektor-sektor yang paling terpengaruh oleh resesi global memiliki sejumlah ciri. Pertama, sektor yang sensitif terhadap penurunan daya beli masyarakat akibat lonjakan inflasi.

Kedua, sektor yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap bahan baku impor. Ini terjadi saat nilai tukar rupiah terus mengalami penurunan.

- Advertisement -

Ketiga, sektor atau perusahaan yang memiliki beban pinjaman yang cukup besar di tengah ancaman tingginya suku bunga. Hal ini kemudian dapat mengganggu arus kas perusahaan.

“Perusahaan karena bebannya cukup besar harus melakukan efisiensi,” ujar Bhima.

- Advertisement -

Adapun sektor dengan ciri-ciri tersebut adalah yang berkaitan dengan pakaian jadi atau tekstil. Kemudian sektor yang berkaitan dengan otomotif dan spare part.

Hal ini disebabkan lantaran suku cadang otomotif terdampak oleh kenaikan harga BBM. Sementara dari sisi permintaan menurun karena masyarakat menunda pembelian kendaraan motor baru.

- Advertisement -

Sektor lainnya adalah yang berkaitan dengan rekreasi atau pariwisata. Masyarakat akan lebih fokus memenuhi kebutuhan pokok sehingga memilih menunda berwisata.

Sektor selanjutnya adalah elektronik maupun peralatan rumah tangga karena kenaikan harga jual tidak diimbangi dengan meningkatnya pendapatan masyarakat. Kemudian, sektor properti akibat kenaikan harga material sekaligus kenaikan suku bunga KPR.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini