spot_img
Sabtu, Februari 24, 2024
spot_img

Akankah Keluarga Kerajaan Inggris Kembali Rukun setelah Raja Charles Mengidap Kanker?

KNews.id – Pangeran Harry telah terbang kembali ke Inggris untuk menemui ayahnya. Itu setelah pengumuman mengejutkan pada hari Senin dari Istana Buckingham bahwa Raja Charles III menderita kanker.

Kunjungan Harry tersebut disebut banyak pihak sebagai rekonsiliasi dan babak baru hubungan keluarga Kerajaan Inggris. Harry, yang tiba di London pada Selasa sore dari California, telah terlibat dalam perselisihan publik yang sudah berlangsung lama dengan keluarganya pada tahun-tahun sejak dia dan istrinya Meghan Markle, Duchess of Sussex, mundur dari tugas kerajaan.

- Advertisement -

Harry difoto sedang pergi ke gerbang Clarence House, kediaman Raja Charles di London, sekitar pukul 14.45. Harry terlihat di foto sedang duduk di belakang SUV hitam. Harry mengambil penerbangan 11 jam dari Los Angeles ke London semalam dan mendarat sekitar pukul 12.30. Reuni tersebut tampaknya tidak berlangsung lama – sekitar 45 menit – dengan Raja Charles dan Ratu Camilla meninggalkan London menuju kawasan pedesaannya di Sandringham dengan helikopter tak lama kemudian.

Pertemuan singkat ayah-anak itu telah memicu spekulasi rekonsiliasi antara Harry dan keluarganya, setelah bertahun-tahun mengalami kerenggangan. Namun, sumber kerajaan mengatakan tidak ada rencana bagi Harry untuk bertemu saudaranya Pangeran William saat dia berada di London.

- Advertisement -

Terungkap pada Senin malam bahwa Charles, 75, baru-baru ini didiagnosis menderita pembesaran prostat saat dirawat secara terpisah. Sumber kerajaan bahwa bentuk kanker yang terdeteksi bukanlah kanker prostat, namun tidak menjelaskan lebih lanjut.

Sementara kabar kesehatan Charles yang meresahkan mengejutkan seluruh bangsa, raja Inggris menelepon Harry sebelum istana mengeluarkan pengumumannya. William dan saudara kandung Raja – Putri Anne serta Pangeran Edward dan Andrew – juga mendapat informasi serupa secara pribadi.

Tampaknya Meghan dan kedua anak pasangan itu – Pangeran Archie dan Putri Lilibet – tidak melakukan perjalanan di menit-menit terakhir bersama Harry. Keluarga Sussex beremigrasi ke Amerika Serikat setelah mengundurkan diri dari tugas kerajaan pada tahun 2020. Putra bungsu Raja mengunjungi Inggris beberapa kali tahun lalu – terakhir terbang pada bulan September untuk kunjungan singkat guna menghadiri WellChild Awards, sebuah badan amal yang telah ia dukung selama lebih dari satu dekade.

Pewaris takhta kelima tidak bertemu dengan keluarga dekatnya sebelum terbang ke Jerman untuk memulai Invictus Games di Dusseldorf. Dia juga melakukan perjalanan ke London saat proses hukumnya terhadap penerbit Inggris berlanjut.

Juga belum jelas di mana Harry akan tinggal selama berada di Inggris. Keluarga Sussex tahun lalu mengosongkan kediaman resmi mereka di Frogmore Cottage di Windsor, yang berjarak sekitar satu jam perjalanan dari London. Saat berkunjung tahun lalu, dia dikabarkan menginap di sebuah hotel di ibu kota.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan pada hari Selasa bahwa dia bersyukur kondisi Raja “dapat diketahui lebih awal” dalam pernyataan yang tampaknya tidak disengaja saat wawancara radio dengan BBC.

Ikatan Harry dengan keluarganya tegang sejak dia dan Meghan mundur pada tahun 2020 tak lama setelah mereka pindah ke California. Pasangan itu duduk bersama Oprah Winfrey untuk wawancara yang memicu kontroversi rasisme kerajaan. Hubungan tersebut semakin mendapat tekanan dengan dirilisnya serial Netflix enam bagian dan memoar Harry.

Pertikaian antara William dan Harry bertambah setelah “Spare” diterbitkan. Dalam otobiografinya, Harry mengklaim kakak laki-lakinya telah menyerangnya secara fisik. Meskipun keluarga kerajaan adalah sebuah institusi, mereka juga merupakan sebuah keluarga. Dan banyak yang berharap kembalinya Harry akan membawa pemulihan hubungan dengan anggota keluarga Windsors lainnya. Untuk saat ini, dia tampaknya bersedia mengesampingkan hal-hal lain.

Terakhir kali pasangan ini bersatu kembali adalah ketika Raja Charles dimahkotai di Westminster Abbey pada bulan Mei. Itu adalah kunjungan singkat lainnya dimana sang duke tinggal cukup lama untuk upacara tersebut tetapi segera berangkat setelahnya. Pada saat itu bahwa Pangeran Harry tidak menerima undangan untuk bergabung dengan keluarga di balkon Istana Buckingham setelah kebaktian bersejarah tersebut.

Meghan tidak bergabung dengan suaminya di London, melainkan tetap tinggal di California untuk merayakan ulang tahun keempat Pangeran Archie. Sejarawan kerajaan CNN, Kate Williams, mengatakan penting bahwa Harry telah terbang kembali.

“Kami belum melihatnya sejak penobatan, dia bergegas menjadi alasan. Ini adalah keluarga – ini adalah bisnis dan keluarga. Ini adalah momen rekonsiliasi,” jelasnya. Ada tanda-tanda perbaikan dalam hubungan antara ayah dan anak, yang pada satu titik sangat buruk sehingga Harry pernah berkata bahwa Charles berhenti menerima teleponnya. Namun tidak ada tanda-tanda bahwa ketegangan di antara saudara-saudara tersebut telah mereda.

Pangeran William kembali menjalankan tugas publik minggu ini setelah mengambil cuti untuk mendukung istrinya, Catherine, dalam pemulihannya setelah operasi perut, Istana Kensington mengumumkan pada hari Senin.

Namun sebagai pewaris langsung takhta Inggris, ia mungkin akan dibutuhkan untuk membantu memenuhi tugas dan tugas resmi, karena Charles mengurus urusan negara selama masa perawatannya. Diagnosis kanker yang baru terjadi 17 bulan setelah pemerintahan Charles juga menjadi momen persatuan bagi keluarga kerajaan.

Meskipun jumlah anggota keluarga kerajaan yang bekerja saat ini telah menurun lebih dari yang diperkirakan dalam beberapa tahun terakhir, dan hanya dua orang yang berusia di bawah 50 tahun, mereka akan sangat antusias untuk mendukung Raja selama masa perawatannya.

Ratu Camilla telah menjadi yang terdepan selama ketidakhadirannya, melaksanakan program penuh keterlibatan – yang akan terus berlanjut. Sementara itu, anggota keluarga Charles yang bekerja terus melanjutkan keterlibatan publik mereka . (Zs/Snd)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini