spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Ada Kabar Buruk, Semua Warga Jakarta Diminta Waspada Potensi Hujan di Sertai Kilat/Petir dan Angin Kencang.

KNews.id –  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di sebagian besar wilayah DKI Jakarta, pada Kamis (11/4/2024). Cuaca di DKI Jakarta diprediksi akan diguyur hujan pada siang hingga malam hari.

BMKG meminta semua warga di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang. Kemudian, dilaporkan pada siang hari hampir seluruh wilayah DKI Jakarta akan turun hujan dengan intensitas ringan kecuali Jakarta Utara dengan cuaca berawan tebal dan Kepulauan Seribu berawan dengan suhu rata-rata 29 hingga 32 derajat Celcius.

- Advertisement -

Memasuki sore hari wilayah DKI Jakarta masih akan mengalami hujan dengan intensitas ringan kecuali Jakarta Selatan mengalami hujan petir dan Kepulauan Seribu akan berawan dengan suhu rata-rata 27 hingga 28 derajat Celcius.

Pada malam hari seluruh wilayah Jakarta masih akan mengalami hujan dengan intensitas ringan dan sedang dengan suhu rata-rata 25 hingga 27 derajat Celcius.

- Advertisement -

Seluruh wilayah DKI Jakarta akan berawan dengan suhu rata-rata 25 hingga 29 derajat Celcius. Pada Jumat (12/4/2024) dini hari wilayah Jakarta akan berawan kecuali Kepulauan Seribu yang akan turun hujan ringan dengan suhu rata-rata 25 hingga 27 derajat Celcius.

Selain itu, tingkat kelembapan udara pada esok hari diperkirakan berada pada kisaran 70 hingga 100 persen. Sebelumnya, info mudik terbaru perihal kabar cuaca akurat akan terus didapat melalui Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) saat momen puncak arus Lebaran 2024.

- Advertisement -

Sesuai dengan komitmen Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan BMKG akan terus turut mensukseskan “Mudik Ceria Penuh Makna” selama periode Puncak Arus Mudik Lebaran 2024. Terutama pada informasi BMKG terkait kabar cuaca terbaru menjadi faktor penting untuk melakukan mudik dengan aman, karena bisa berkendara saat dikondisi cuaca yang cerah.

“Jadi sistem informasi ini fungsinya memberikan informasi dini bisa enam jam sebelum kejadian atau bahkan tiga hari sebelum kejadian,” ujar Dwikorita dikutip dari laman BMKG saat Auditorium Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Banten, Jumat (5/4/2024).

Informasi prakiraan cuaca yang dilakukan secara real-time oleh BMKG untuk bagi yang berkendara melalui jalur udara,laut, darat. Berbicara ke hadapan Ketua dan anggota Komisi V DPR dan para mitra kerja yang melakukan Kunjungan Kerja Reses Dalam Rangka Peninjauan Kesiapan Infrastruktur dan Transportasi Penyelenggaraan Mudik Lebaran Tahun 2024, Dwikorita ingin mendukung terus memberikan informasi cuaca sampai arus balik.

Pihaknya membagi sebanyak tiga platform untuk pusat informasi cuaca yang diintegrasi untuk diakses masyarakat Indonesia.

3 Platform Informasi Cuaca dari Berbagai Jenis Kendaraannya

1. Penerbangan Penerbangan menjadi opsi terfavorit saat melakukan mudik Lebaran bersama keluarga tercinta.

Mengakses layanan System of Indonesian Aviation Meteorologi (SIAM) yang dimiliki BMKG biasa disebut Sistem Layanan Informasi Cuaca Penerbangan. Salah satu layanan meteorologi penerbangan yang terintegrasi terhadap pengelolaan big data yang ditujukan kepada stakeholder penerbangan.

Adapun informasi cuaca penerbangan yang diberikan BMKG meliputi radar cuaca, satelit cuaca, SIGMET, SIGWX High Level, Holding Area, kondisi cuaca bandara, dan informasi prakiraan cuara bandara yang dapat diakses pilot sebelum penerbangan dimulai sebagai acuan cuaca yang hendak dilewati.

Biasanya ancaman terbesar terhadap moda penerbangan, seperti abu vulkanik, dan cuaca ekstrem yang biasa terjadi badai tropis. Untuk melakukan prakiraan cuaca, pilot sudah melihatnya sebelum enam jam keberangkatan.

2. Jalur Laut Melalui jalur laut menjadi yang terfavorit juga bagi para pemudik. Penggunaan layanan informasi yang dapat dipakai dari Indonesian Weather Information for Shipping (INA-WIS) atau Sistem Informasi Cuaca Maritim.

Meliputi penginputan data kapal seperti prakiraan cuaca pada jalur pelayaran, extreme weather untuk tipe kategori yang mengarah ke kapal cargo, fishing, barge, dan fery. Kemudian, pada penyediaan kapal dari safety risk index. Nantinya akan meliputi prakiraan cuaca pelabuhan, BMKG Ocean Modeling, sateling terhadap cuaca awan, satelit gelombang laut atau altimetri, dan arus laut significant.

Terakhir ada HF Radar sebagai salah satu input data yang dilakukan di kapal. Prediksi BMKG terkait kondisi gelombang saat Lebaran, Rabu (10/4/2024) mendatang yang berada di wilayah jalur penyebrangan Pelabuhan Merak-Bakaheuni dari 0,5-1.25 meter.

3. Jalur Darat Layanan informasi Signature atau Prakiraan Cuaca Transportasi Darat yang disiapkan BMKG untuk melalui jalur darat saat melakukan mudik Lebaran. Kehadirannya agar para pemudik dapat menginput data jalur-jalur yang bisa dilewati untuk menghindari kemacetan total selama Arus Mudik Lebaran 2024.

Terpenting aplikasi InfoBMKG disarankan harus diunduh sebagai acuan untuk mendapatkan informasi prakiraan cuaca secara berkala.

(Zs/Tv.1)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini