spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Goro-goro Pasti Muncul

Oleh: Sutoyo Abadi (Koordinator Kajian Politik Merah Putih)

KNews.id- Ketika kebuntuan carut marut kelola negara sudah pada puncaknya, siklus pasti akan berbalik arah kembali ke UUD 45. Dekrit itu tidak bisa di rencanakan, demikian halnya people power tidak bisa dipercepat dan ditunda. Dekrit itu lahir dari puncak krisis dan kedaruratan situasi negara yg terjadi secara alamiah. Dekrit bukan untuk penyelamatan rezim tapi penyelamatan negara.

- Advertisement -

Dekrit jangan dilaksanakan di Era Jokowi bisa diselewengkan oleh penguasa demi alasan untuk memperpanjang masa jabatannya. Kembali ke UUD45 tak bisa  lewat hasil kongres, dialog atau seminar dll. Hanya bisa Lahir dari goro goro  atau situasi revolusioner perebutan kekuasaan yg memaksa rezim menghentikan kebrutalan mereka terhadap rakyat. Jokowi   turun dengan sukarela atau dipaksa turun oleh rakyatnya.

Rezim yg sedang menikmati hasil UUD 2002, tak mungkin mau diajak kompromi, bunuh diri untuk kembali ke UUD45 yang semangatnya  mengembalikan kedaulatan rakyat  dan menghentikan segala penyimpangan yang terjadi.

- Advertisement -

Tak ada jalan damai untuk urusan kembali ke UUD45 semangatnya sama dengan perjuangan mengusir penjajah merdeka atau mati. UUD 2002  adalah jalan  menuju negara shadow demokrasi dimana kedaulatan berada di tangan oligarki, UUD45  basisnya adalah kedaulatan rakyat dilaksanakan oleh MPR.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini